Selasa 07 Desember 2021, 12:38 WIB

Persiapan SEA Games 2022, GM Susanto Megaranto Try Out ke Spanyol

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Persiapan SEA Games 2022, GM Susanto Megaranto Try Out ke Spanyol

ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Pecatur Grand Master Susanto Megaranto.

 

GRAND Master (GM) Susanto Megaranto terus mempersiapakn diri jelang perhelatan kejuaraan multievent se-Asia Tenggara (SEA Games), yang dijadwalkan akan digelar pada bulan Mei 2022 di Vietnam.

Telah melakukan program pelatihan nasional (pelatnas) sejak awal 2020, persiapan terus di matangkan oleh Susanto.

Bahkan yang terdekat, Susanto akan terbang ke Spanyol untuk mengikuti kejuaraan Sitges Open, yang mana ajang tersebut akan dijadikannya sebagai ajang pemanasan sebelum bertanding di SEA Games 2022 mendatang.

"Untuk persiapan, kita mau ikut try out mau ke Spanyol itu Sitges open 11 Desember 2021 nanti," ucap Susanto saat ditemui di Jakarta, Selasa (7/12).

"Jadi itu semacam try out gitu lah sebelum ke SEA Games. Mungkin ada sekitar delapan pemain pelatnas yang ikut kesana. Jadi sejauh ini persiapa sudah siap," imbuhnya.

Berbicara terkait targetnya di Vietnam, pecatur yang sukses meraih medali emas pada SEA Games 2019 Filipina itu, mengatakan akan berusaha yang terbaik dengan harapan mendapatkan hasil terbaik.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia Utut Adianto mengungkapkan, try out untuk para atlet pelatnas memang terus digencarkan pihaknya sebagai ajang persiapan jelang SEA Games tahun depan.

Bahkan sebelumnya PB Percasi juga telah mengirimkan empat atlet Pelatnas untuk mengikuti kejuaraan turnamen Piala Dunia Catur di Shoci, Rusia, bulan Juli lalu.

"Pelatnas (SEA Games) masih terus berjalan, mereka juga sudah ikut sejumlah kejuaraan mulai dari online maupun tatap muka. Bahkan empat atlet pelatnas juga sudah ikut di kejuaraan World Cup di Sochi, Rusia. Mereka juga Desember ini akan ke Spanyol ada sekitar delapan orang," tutur Utut.

Utut tak menapik pandemi covid-19 yang menghantam seluruh dunia cukup mempengaruhi performa para atlet, namun dia yakin denga try out yang terus dilakukan PB Percasi dapat mengembalikan atlet ke performa terbaiknya.

"Pandemi (Covid-19) itu sangat berpengaruh ke performa atlet. Tapi Olahraga itukan begini, setiap ada pertandingan kalau bisa main, makin sering main makin terlatih dia. Jadi yang perlu kita jaga kan peak performancenya para atlet ini," jelasnya.

Adapun selain menjalani try out di luar negeri, PB Percasi juga menjadikan sejumlah kejuaraan carur di Indonesia sebagai ajang latihan untuk meningkatkan performa para atlet.

Dalam kejuaraan JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 yang digelar di Jakarta pada 4-8 Desember 2021, sebanyak 16 atlet pelatnas mengikuti ajang tersebut termasuk GM Susanto Megaranto. (Rif/OL-09)

Baca Juga

JADE GAO / AFP

Ketua Komisi X DPR : Olimpiade Beijing 2022 Jangan Dikaitkan Kepentingan Politik

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:03 WIB
Syaiful Huda menegaskan  Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 , Tiongkok sebaiknya jangan terlalu didominasi oleh kepentingan politik...
DOK PB PRSI

Menuju Asian Games 2022, Anindya Bakrie Pantau Seleknas Polo Air Putra

👤Ilham Ananditya 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:52 WIB
Selama proses seleknas, beberapa atlet ikut membagikan cerita bagaimana masing-masing dari mereka termotivasi mengikut...
Steph Chambers/Getty Images/AFP

Jusuf Nurkic Bawa Trail Blazers Tundukkan Celtics

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:50 WIB
Tembakan hook Nurkic membawa Blazers memimpin dengan 13 detik tersisa, dan dia memastikan kemenangan melalui dua lemparan bebas dengan 0,8...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya