Selasa 07 Desember 2021, 12:15 WIB

Indonesia Sukses Lampaui Target di AYPG

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Indonesia Sukses Lampaui Target di AYPG

Instagram @npcindonesia
Kontingen Indonesia yang berlaga di AYPG

 

KONTINGEN Indonesia menorehkan prestasi gemilang dan membuat kejutan dalam perhelatan Asian Youth Para Games (AYPG) 2021 yang berlangsung di Bahrain, 2-6 Desember. Di luar dugaan, atlet-atlet muda Indonesia mampu melampaui target yang diberikan.

Sebelum keberangkatan ke AYPG 2021, ada sejumlah misi besar dalam mengirimkan atlet ke Bahrain, yakni memberikan jam terbang di level Asia bagi atlet dan mendapatkan klasifikasi internasional bagi atlet baru. Selain itu tentu target prestasi juga menjadi misi penting dalam AYPG keempat ini.

Sungguh di luar dugaan, kontingen AYPG Indonesia bisa memenuhi misi dan target tersebut. Hingga hari terakhir pelaksanaan AYPG 2021, sejumlah cabang olahraga mampu melebihi target yang ditetapkan.

Baca juga: Kontingen Indonesia Bawa Pulang 12 Medali Emas dari AYPG 2021

Setelah mengikuti pertandingan di tujuh cabang olahraga, kontingen Merah-Putih sukses meraih 12 medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu sehingga berada di peringkat empat daftar perolehan medali.

Deputi 1 Chef de Mission Kontingen Indonesia Andar Perdana Widiastono mengaku bangga dan terkejut dengan prestasi yang diraih atlet di AYPG 2021.

“Saya sangat surprise dengan apa yang diraih oleh kontingen pada Asian Youth Para Games tahun ini. Prestasi ini melampaui target yang ditetapkan,” kata Andar Perdana Widiastono dalam keterangan resmi NPC Indonesia, Selasa (7/12).

“Ada beberapa cabor yang jauh melebihi target. Contohnya para-renang yang awalnya hanya memasang target satu perunggu, namun ketika perlombaan para-renang justru mampu menyumbangkan empat medali emas. Hasil itu membuktikan atlet kita punya potensi besar untuk bersaing di  internasional,” sebut Andar.

“Pencapaian yang mampu mengoleksi total 37 medali terbilang luar biasa karena atlet-atlet muda kita mampu mengukir prestasi gemilang meski melakukan persiapan yang singkat,” imbuhnya.

Setelah meraih keberhasilan di AYPG 2021, selanjutnya atlet-atlet muda ini akan terus diasah kemampuannya oleh National Paralympic Committee (NPC) Indonesia untuk kelak menjadi andalan di sejumlah ajang single event dan multi event dunia.

Deputi 2 CdM, Sapta Kunta Purnama mengatakan pandemi dalam beberapa tahun terakhir mengakibatkan tidak adanya kejuaraan baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga atlet tidak bisa dikirim untuk bertanding.

“Ke depannya jika kondisi mulai membaik dan mulai ada kejuaraan maka mereka rutin dikirim untuk ikut kejuaraan. Kita juga harus kembali menghidupkan kejuaraan di dalam negeri yang sempat tertunda akibat pandemi. Karena kita bisa menjaring banyak atlet muda berbakat dari ajang tersebut,” jelas Kunta.

Sasaran utama pembinaan atlet tentu Paralimpiade Paris 2024. Namun pada tahun depan terdapat dua event besar yakni ASEAN Para Games dan Asian Para Games yang mana diharapkan atlet-atlet muda ini bisa ikut andil dan menjadi andalan Indonesia di event tersebut.

Selama tampil di AYPG Bahrain 2021, semua atlet, pelatih dan ofisial Indonesia menjalani protokol kesehatan yang ketat. Meski pelaksanaan AYPG 2021 tidak memakai sistem gelembung (bubble),  namun kontingen Indonesia rutin mengadakan tes PCR. (NPC Indonesia/OL-1)

Baca Juga

Dok. pribadi

Kejuaraan Berkuda Arkav Cup 2022 Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak  

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:33 WIB
Lomba diikuti 42 stable dari beberapa daerah, termasuk yang terjauh dari Sumatera Selatan, dengan total entry 797 dan rider hingga 315,...
Dok Pemkot Solo

Solo Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022

👤Widjajadi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 18:40 WIB
Sejauh ini, Kota Solo sudah memiliki sejumlah venue bertaraf internasional. Dan selama enam bulan ke depan ini, dilakukan koordinasi untuk...
AFP/	TED ALJIBE

Dukung Kerja Sama Regional, Ajinomo Resmi Jadi Sponsor SEA Games 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 16:45 WIB
SEA Games adalah acara olahraga terbesar di Asia Tenggara, yang dapat menarik perhatian lebih dari 600 juta orang di wilayah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya