Selasa 09 November 2021, 11:26 WIB

Perenang Simson Abraham Rebut Emas dan Pecahkan Rekornas

 Ilham Ananditya | Olahraga
Perenang Simson Abraham Rebut Emas dan Pecahkan Rekornas

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Para-perenang Kalimantan Barat Simson Abraham saat pada babak final renang 50 meter gaya dada putra klasifikasi S5 di Peparnas XVI Papua.

 

PARA-perenang Kalimantan Barat (Kalbar), Simson Abraham, pecahkan rekor nasional (rekornas) untuk cabang renang 100 meter gaya dada putra (S5) di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua di Akuatik Center Lukas Enembe Jayapura, Selasa (9/11).

Simson merebut medali emas dengan catatan waktu 2 menit 01,90 detik. Torehan ini melampaui rekor sebelumnya, yang dipegang Munawar Haris dengan 2 menit 03,65 detik saat di Peparnas Jawa Barat 2016.

Sementara di posisi kedua, perenang Papua Barat Boy Levinus Wardy berhak atas medali perak dengan mencatatkan waktu 2 menit 03,22 detik. Disusul peraih perunggu dari wakil DKI Jakarta, Fery Anggara, dengan waktu 2 menit 27,60 detik.

Dalam penampilan pertamanya di Peparnas, atlet berusia 27 tahun ini mengaku tak menyangka bisa memecahkan rekornas.

"Ini Peparnas pertama kali yang saya ikuti. Perasaan saya sangat deg-degan, juga luar biasa. Tidak menyangka saya bisa memecahkan rekor sejauh ini," kata Simson usai perlombaan.

Ia mengatakan hasil ini tak lepas dari kerja keras selama dua bulan ia berlatih.

"Kalau persiapan pelatihan daerah itu selama dua bulan, di tempatkan di tempat khusus pelatihan hingga kita mencapai target," ujar Simson.

Raihan emas ini merupakan medali kedua Abraham di Peparnas Papua. Sebelumnya dirinya berhasil meraih perak di kelas 50 m gaya dada putra (S5) pada Senin (8/11) lalu.

Ke depanya, Abraham berharap dapat bersaing di level yang lebih tinggi lagi.

Sebelumnya, pelatih renang Kalbar, Juanda menyatakan untuk cabor renang, pihaknya menargetkan perolehan medali lebih banyak dibandingan Peparnas 2016 di Jawa Barat.

"Target Kalbar memperbaiki di Peparnas 2016 di Jawa Barat dengan delapan medali emas, lima perak dan tiga perunggu," kata Juanda.

Dalam Peparnas Papua, Kalimantan Barat menurunkan 12 perenang. Sebanyak 11 perenang putra akan turun pada klasifikasi S5, S6, S7, S8, S9, S10 dan S14. Sedangkan perenang putri turun di klasifikasi S10. (And/InfoPublik/OL-09)

Baca Juga

AFP/Aaron Francis.

Melaju ke Final Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:24 WIB
Tampil dominan sepanjang pertandingan yang berlangsung di Rod Laver Arena, Barty hanya membutuhkan waktu 62 menit untuk mengeklaim...
AFP/Lluis Gene

Honda Konfirmasi Marquez Mengaspal di Tes Pramusim Sepang & Mandalika

👤Rifaldi Putra I 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:32 WIB
"Telah diputuskan Marquez akan memulai kampanye 2022 pada Tes MotoGP resmi pertama di Sepang sebelum menuju ke Mandalika, Indonesia...
AFP

Miami Heat Ambil Alih Puncak Klasemen Sementara Wilayah Timur

👤Ilham Ananditya 🕔Kamis 27 Januari 2022, 15:17 WIB
Heat tampil dominan sejak kuarter pembuka, menyatakan posisinya dengan mencetak 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya