Minggu 07 November 2021, 13:21 WIB

Menko PMK Ajak Masyarakat Dukung Para Atlet Peparnas XVI

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Menko PMK Ajak Masyarakat Dukung Para Atlet Peparnas XVI

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Atlet kursi roda bertanding babak final balap kursi roda klasifikasi T52-T53 Peparnas Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua.

 

MENTERI Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada para atlet yang bertanding di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua. 

"Saya minta masyarakat Papua, khususnya memberikan support kepada para atlet yang sedang berlaga," kata Muhadjir dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (7/11).

Terkait penerapan protokol kesehatan (prokes), Muhadjir, yakin bahwa masyarakat di kota dan kabupaten Jayapura yang akan menyaksikan perlombaan secara langsung telah sadar mematuhi prokes secara ketat. 

Menurut dia, hal ini terbukti ketika penyelenggaraan PON XX di Papua, dimana masyarakat telah mematuhi prokes dengan baik. Hal ini juga terbukti, dengan angka penularan COVID-19 di Papua relatif kecil dan terkendali. 

"Ini menunjukan bahwa masyarakat Papua khususnya di tempat event PON dan Peparnas ini sudah sangat sadar akan pentingnya melindungi diri sendiri dan orang lain dari ancaman COVID-19," ujar Muhadjir Effendy. 

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 akan menjadi ajang untuk menjaring para atlet-atlet muda yang nanti akan dimasukan ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) yang pembinaannya dilakukan NPC Indonesia di Solo, Jawa Tengah. 

“Saya kira Peparnas ini memang benar-benar kita jadikan untuk menjaring atlet-atlet yang akan kita masukan nanti ke Pelatnas yang selama ini masih dilakukan di Solo,” kata Zainudin.

Menpora Amali meyakini dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan di Peparnas XVI ini, akan ada atlet-atlet yang bisa dpersiapkan untuk mengikuti Paralimpiade Paris 2024 nanti.

"Saya kira pada Peparnas XVI ini, dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan mudah-mudahan akan ada tambahan lagi atlet-atlet yang akan lolos ke kualifikasi untuk menuju Paralimpiade 2024 di Paris nanti," harapnya. 

Selain itu, Menpora Amali mengaku terkesima dengan semangat dari para atlet disabilitas yang sangat tinggi untuk bertanding. Dengan demikian, dia yakin Peparnas ini akan melahirkan prestasi. 

"Tentu kita akan lihat hari-hari kedepan pada saat pelaksanaan pertandingan-pertandingan di 12 cabang olahraga, mudah-mudahan prestasi juga akan terukir di dalam pelaksanaan Peparnas XVI ini," tuturnya. (Rif/Kemenpora/OL-09)

Baca Juga

AFP/JUSTIN TALLIS

Hamilton Minta Penonton GP Inggris tidak Cemooh Verstappen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 09:30 WIB
"Saya menegaskan tidak setuju dengan cemoohan. Kita tidak perlu itu. Kita harus mendukung semua...
Twitter @INABadminton

Apri/Fadia Janji Tampil Habis-Habisan di Final Malaysia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 09:15 WIB
Bagi Apri/Fadia, ini merupakan final ketiga dalam empat turnamen pertama yang mereka ikuti. Final lain terjadi di SEA Games Vietnam...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Kalahkan Gauff, Anisimova ke 16 Besar Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 08:58 WIB
Di babak 16 besar, Anisimova akan berhadapan dengan petenis yang menundukkan Serena Williams, Harmony...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya