Minggu 10 Oktober 2021, 01:24 WIB

Piala Presiden Esports Ikut Bangkitkan Ekosistem Sport Tourism

Mediaindonesia.com | Olahraga
Piala Presiden Esports Ikut Bangkitkan Ekosistem Sport Tourism

MI/Akmal Fauzi
Dokumentasi penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020

 

PIALA Presiden Esports 2021 resmi dimulai Sabtu (9/10). Kompetisi gim online itu diyakini berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports edisi kali ini mengusung konsep artistik “Land of Wonders” yang tergambar dalam acara seremoni kick-off Piala Presiden Esports 2021.

Tujuannya adalah untuk mengenalkan berbagai ragam budaya, keindahan alam, dan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas Bangsa Indonesia.

“Ini potensi yang luar biasa karena esports bisa mendatangkan sport tourism dan ini bagus untuk pariwisata Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara kick off PPE 2021 secara virtual.

Moeldoko mengatakan pengembangan pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism menjadi perhatian khusus pemerintah. Salah satu caranya menggarap berbagai kompetisi olahraga.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan geliat pariwisata Tanah Air yang terdampak pandemi,” ujarnya. 

Baca juga : Dengan 38 Emas, Cabor Renang Bisa Jadi Penentu Juara Umum PON

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memilih Bali sebagai tempat acara puncak nantinya. Hal ini, menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi keindahan Indonesia dan berharap Covid-19 bisa terkendali.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali,” kata Sandiaga Uno.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021, Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki pertandingan-pertandingan di babak kualifikasi untuk enam cabang gim yakni eFootball PES, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Babak kualifikasi akan berlangsung hingga tanggal 28 November 2021 dan terbagi dalam enam regional wilayah yaitu; Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua.

Dengan enam gim yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” ucap Rangga.

Selain trofi yang akan diperebutkan para peserta, mereka juga akan memperebutkan total prize pool senilai total Rp2 miliar dan kesempatan untuk bergabung dengan tim-tim esport di Indonesia. Sementara, untuk babak grand final akan ada pertandingan level internasional yang akan dihadirkan untuk meriahkan acara ini. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Twitter @INABadminton

Ganda Putri Apriyani/Fadia bawa Tim Putri Indonesia Imbangi Vietnam 1-1

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:00 WIB
Apriyani/Fadia hanya membutuhkan waktu 28 menit untuk mengunci kemenangan atas pasangan Pham Thi Khanh/Than Van Anh dengan skor akhir 21-3...
MI/Dok PB ESI

Tiba di Tanah Air, Timnas Esports Free Fire Dapat Sambutan Meriah

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Timnas Esport nomor Free Fire sukses merebut medali emas dan perak dari SEA Games 2021...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Aldila Sutjiadi akan Tampil di Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:45 WIB
Di Prancis Terbuka, Aldila Sutjiadi akan tampil di nomor ganda putri, berpasangan dengan petenis Jepang Miyu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya