Rabu 06 Oktober 2021, 08:53 WIB

KONI Pusat Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

Akmal Fauzi | Olahraga
KONI Pusat Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda
Pesilat Indonesia Wewey Wita (kiri) melakukan tendangan ke arah pesilat Vietnam Thi Them Tran (kanan) dalam Kelas B Putri Asian Games 2018.

 

KETUA Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mendorong pencak silat agar bisa dipertandingkan di Olimpiade. Perlu ada kampanye besar-besaran ke berbagai negara untuk mempopulerkan pencak silat sebagai olahraga bela diri dan bukan hanya sebagai budaya.

Hal itu disampaikan saat membuka pertandingan pencak silat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10).

Menurut Marciano, momentum PON bisa dijadikan konsolidasi pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) di daerah untuk merealisasikan pencak silat dipertandingkan di olimpiade.

"Saya mengajak PB IPSI baik tingkat pusat maupun provinsi, kabupaten kota mari kita buat perencanaan yang baik. Jadi road to olympic untuk pencak silat. Saya yakin bapak Menpora (Zainudin Amali) juga akan memberikan dukungannya," kata Marciano.

Ia menjelaskan, perlu ada perencanaan yang matang seperti meningkatkan standar penyelenggaraan turnamen pencak silat berstandar internasional sehingga pencak silat bisa dikenal banyak negara.

"Salah satu kuncinya, harus siapkan pelatih berstandar internasional yang bisa masuk ke banyak negara. Sehingga persyaratan minimal negara yang memberikan dukungan cabor itu dipertandingkan di olimpiade atau tidak itu terpenuhi karena pelatih Indonesia sudah ada di mana-mana," jelasnya. (Mal/OL-09)

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Buka Event Trail, Ganjar: Ajang Mengenalkan Pariwisata Jateng ke Dunia

👤Haryanto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:55 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melepas pembalap motor trail dalam acara Penobatan Raja Tanjakan dan Enduro Race di Cilacap, Jawa...
Maddie Meyer/Getty Images/AFP

Heat Paksa Celtics Lakoni Laga Penentuan Final Wilayah Timur NBA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 13:42 WIB
Jimmy Butler tampil sebagai pahlawan untuk Heat dalam pertandingan kali ini, pebasket berusia 32 tahun itu sukses mencetak 47 poin dan 9...
DOK/FORBES-MBSL

Forbes Indonesia-MBSL Bekerja Sama Gelar Golf Tournament 2022 untuk Amal

👤Media Indonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:20 WIB
MBSL dan Forbes Indonesia pernah bekerja sama menggelar turnamen golf yang berlangsung sukses pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya