Selasa 28 September 2021, 11:18 WIB

Biles Akui Seharusnya tidak Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

Ilham Ananditya | Olahraga
Biles Akui Seharusnya tidak Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

AFP/Katharine Lotze/Getty Images
Pesenam AS Simone Biles

 

MASALAH kesehatan mental menjadi perhatian khusus bagi ikon sekaligus atlet senam artistik asal Amerika Serikat (AS) Simone Biles, yang sempat menarik diri dari ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Biles mengatakan dirinya seharusnya fokus pada pemulihannya terlebih dulu dan tidak memaksakan diri mengikuti ajang Olimpiade. Nyatanya, hal itu malah membuat dirinya semakin mengalami gangguan kesehatan mental yang parah.

Pesenam artistik berusia 24 tahun itu, yang mulanya diperkirakan akan mendominasi cabang senam di Olimpiade Tokyo 2020, malah menimbulkan kehebohan dengan menarik diri dari kompetisi senam putri karena alasan gangguan mental sehingga dirinya tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: Biles akan Bersaksi di Senat AS Soal Pelecehan Seksual di Pelatnas Senam

Biles terkena serangan "twisties" yang menyebabkan pesenam kehilangan arah ketika di udara.

"Jika melihat semua yang telah saya lalui selama tujuh tahun terakhir. Saya seharusnya tidak mengikuti Olimpiade tahun ini. Saya seharusnya sudah berhenti jauh sebelum ini," kata Biles.

Selain itu, masalah pelecehan seksual yang dilakukan oleh Lawrence Gerard Nassar, yang merupakan dokter tim senam nasional putri AS, begitu menguras emosi dan mental Biles.

Biles menjadi seseorang yang beruntung karena menjadi salah satu yang selamat dari kasus pelecehan seksual tersebut.

"Itu sangat gila. Saya tidak akan membiarkan dia merusak sesuatu yang telah saya senangi sejak berusia enam tahun. Saya tidak akan membiarkan dia mengambil kesenangan itu dari saya. Saya akan tetap mencoba berpikir tenang dan positif untuk melewati itu semua," tegas Biles.

Biles mengatakan masalahnya telah menumpuk dari waktu ke waktu. Dia berharap dapat membantu mengakhiri stigma yang terkait dengan kesehatan mental sehingga dapat pulih lebih cebat.

Hingga kini, Biles telah memenangkan total 32 medali Olimpiade dan Kejuaraan Dunia. Ia masih belum menyerah pada olahraga yang ditekuninya dan tengah melakukan pertandingan tur dunia Gold Over America Tour. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

La Real Ingin Terus Bersaing Dalam Perebutan Gelar La Liga

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 15:57 WIB
Sociedad sedang dalam rentetan kemenangan sembilan pertandingan berturut-turut sebelum kekalahan 0-1 dari Barcelona di Camp Nou pada hari...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Wohoo! Jonatan Christie Melaju ke Final Indonesia Master 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 15:19 WIB
"Puji Tuhan pertama kalinya final di Istora, ini sangat berarti buat saya pribadi. Terus bisa bisa mengalahkan Shi di hadapan...
AFP

Final Tunggal Putra Australia Terbuka 2023 Tak Sekadar Perebutan Trofi Juara

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 10:03 WIB
Laga final Australia Terbuka akan menjadi unjuk ketangguhan antara Novak Djokovic (Serbia) dan Stefanos Tsitsipas (Yunani) untuk menyagel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya