Minggu 19 September 2021, 23:26 WIB

KONI Sumut Antisipasi Penyakit Malaria Pada PON 2021 Papua

Yoseph Pencawan | Olahraga
KONI Sumut Antisipasi Penyakit Malaria Pada PON 2021 Papua

ANTARA
PON XX Papua

 

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara memberi bekal khusus kepada kontingen yang diberangkatkan ke arena PON 2021 untuk mengantisipasi serangan penyakit malaria.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, di luar masalah teknis pertandingan terdapat dua hal penting yang menjadi perhatian pihaknya terkait dengan kesehatan kontingen yang dikirim ke PON 2021. Yakni mengantisipasi penularan Covid-19 dan serangan penyakit malaria. Terkait dengan penularan covid, pihaknya sudah memberikan vaksin dan melakukan swab PCR secara berlapis untuk anggota kontingen.

"Semua yang berangkat sudah divaksin dua kali dan di-swab PCR," ujarnya seusai seremoni pelepasan kontingen atlet Sumut untuk PON 2021 Papua di halaman Gedung Wisma Atlet, Jalan Willem Iskandar, Medan, Minggu (19/9).

Upaya antisipasi juga dilakukan terhadap ancaman serangan penyakit malaria. "Di sana, kita hadapi itu Malaria. Jadi kita siapkan lotion antinyamuk yang mampu bertahan 24 jam," kata John.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan diselenggarakan di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Pada 2020 Kementerian Kesehatan mencatat Papua menjadi daerah dengan tingkat penularan Malaria tertinggi di Indonesia. Sebanyak 86% dari total kasus malaria di Indonesia terjadi di Papua.

Lebih jauh John Ismadi menerangkan, kontingen PON XX/2021 Papua dari Sumut akan diberangkatkan dalam waktu dekat, secara bertahap. Sebanyak total 349 orang akan diberangkatkan Sumut ke PON Papua.

Kontingen Sumut untuk PON XX berkekuatan 186 atlet, 54 pelatih, 19 official cabang olahraga, 56 official kontingen, 10 terapis, dan 24 orang personel pengamanan dari Polda Sumut. (OL-15)

 

Baca Juga

 Andy Lyons/Getty Images/AFP

Kyrie Irving Tetap Konsisten Menolak Vaksinasi

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 18 Januari 2022, 14:32 WIB
Ia tetap menekankan berulang kali 'menolak' keputusan divaksinasi sesuai mandat pemerintah New York, tempat markas Brooklyn Nets...
Kevin C. Cox/Getty Images/AFP

Milwaukee Bucks Kalah dari Hawks di Laga Tandang

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 18 Januari 2022, 13:38 WIB
Kemenangan Hawks ini sekaligus memberi kekalahan beruntun kedua bagi Bucks di State Farm Arena, Atlanta pada Senin (17/1) malam...
AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Schumacher Ingin Tampil Lebih Baik di Formula 1 Musim 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:30 WIB
Haas telah menyiapkan mobil baru untuk musim 2022, itu tentu dapat menjadi kesempatan bagi Schumacher untuk mencetak lebih banyak poin,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya