Minggu 19 September 2021, 23:26 WIB

KONI Sumut Antisipasi Penyakit Malaria Pada PON 2021 Papua

Yoseph Pencawan | Olahraga
KONI Sumut Antisipasi Penyakit Malaria Pada PON 2021 Papua

ANTARA
PON XX Papua

 

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara memberi bekal khusus kepada kontingen yang diberangkatkan ke arena PON 2021 untuk mengantisipasi serangan penyakit malaria.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, di luar masalah teknis pertandingan terdapat dua hal penting yang menjadi perhatian pihaknya terkait dengan kesehatan kontingen yang dikirim ke PON 2021. Yakni mengantisipasi penularan Covid-19 dan serangan penyakit malaria. Terkait dengan penularan covid, pihaknya sudah memberikan vaksin dan melakukan swab PCR secara berlapis untuk anggota kontingen.

"Semua yang berangkat sudah divaksin dua kali dan di-swab PCR," ujarnya seusai seremoni pelepasan kontingen atlet Sumut untuk PON 2021 Papua di halaman Gedung Wisma Atlet, Jalan Willem Iskandar, Medan, Minggu (19/9).

Upaya antisipasi juga dilakukan terhadap ancaman serangan penyakit malaria. "Di sana, kita hadapi itu Malaria. Jadi kita siapkan lotion antinyamuk yang mampu bertahan 24 jam," kata John.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan diselenggarakan di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Pada 2020 Kementerian Kesehatan mencatat Papua menjadi daerah dengan tingkat penularan Malaria tertinggi di Indonesia. Sebanyak 86% dari total kasus malaria di Indonesia terjadi di Papua.

Lebih jauh John Ismadi menerangkan, kontingen PON XX/2021 Papua dari Sumut akan diberangkatkan dalam waktu dekat, secara bertahap. Sebanyak total 349 orang akan diberangkatkan Sumut ke PON Papua.

Kontingen Sumut untuk PON XX berkekuatan 186 atlet, 54 pelatih, 19 official cabang olahraga, 56 official kontingen, 10 terapis, dan 24 orang personel pengamanan dari Polda Sumut. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Percaya Diri dan Tenang Kunci Fajar/Rian Tekuk di Final Piala Thomas

👤Ant 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:33 WIB
Fajar/Rian memetik kemenangan straight game 21-12, 21-19 atas He/Zhou dalam waktu 43...
BWF

Agung Firman: Kemenangan Piala Thomas juga Hasil Perombakan di Tubuh PBSI

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:30 WIB
"Kami membuat perubahan dengan melibatkan ahli gizi, sedikit perubahan di strategi untuk level...
BADMINTONINDONESIA.ORG

Jonatan Christie Sumbang Angka Kemenangan Ketiga untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:22 WIB
Jonatan Christie menyumbang angka kemenangan ketiga untuk Indonesia dan sekaligus membawa Skuad Garuda menjuarai Piala Thomas dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya