Jumat 10 September 2021, 20:11 WIB

Pemerintah Yakin PON Papua Aman dari Kerusuhan dan Covid-19

Emir Chairullah | Olahraga
Pemerintah Yakin PON Papua Aman dari Kerusuhan dan Covid-19

Antara
Seorang warga berlari di area tribun penonton lapangan softball wilayah Jayapura, Papua.

 

PEMERINTAH optimitis pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung aman. Keyakinan itu ditekankan Menko Polhukam Mahfud MD.

Menurutnya, PON yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19, menjadi bukti bahwa negara hadir di Papua. “Walaupun di tengah suasana pandemi, pemerintah berharap PON aman (dari covid-19 dan kerusuhan),” ujar Mahfud dalam telekonferensi di Papua, Jumat (10/9).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa persiapan penyelenggaraan pesta olahraga akbar di Indonesia sudah hampir rampung. “Nantinya, PON diikuti 10 ribu atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga: Jelang PON, Genjot Vaksinasi Covid-19 di Papua

Pemerintah, kata Mahfud, memastikan perhelatan PON dapat disaksikan secara langsung (luring). Namun, tetap disertai sejumlah syarat ketentuan bagi masyarakat yang datang ke lokasi pertandingan.

“Setiap pertandingan bisa ditonton langsung dan hybrid. Syaratnya protokol kesehatan dan jumlahnya dibatasi,” papar Mahfud.

Untuk bisa datang ke lokasi pertandingan, calon penonton harus mendaftar secara daring dan mengisi formulir. Lalu, mereka tidak boleh datang berbondong-bondong. “Harus melampirkan bukti vaksinasi, (pengukuran) suhu tubuh dan (tes) antigen,” sambungnya.

Baca juga: Tim Angkat Besi Jabar Sasar Lima Medali Emas di PON Papua

Panitia juga membolehkan undangan khusus, seperti tokoh adat dan tokoh agama, untuk hadir langsung di lokasi pertandingan. Mengenai kapasitas penonton, lanjut Mahfud, panitia masih membahas ketentuan pembatasan di setiap venue.

Dia menyebut pemerintah segera mencairkan anggaran PON sebesar Rp1,4 triliun. Pemerintah berharap dana itu dapat digunakan dengan maksimal untuk penyelenggaraan PON di Papua.(OL-11)

Baca Juga

MI/Dok PBSI

Tim Indonesia Batal Tampil di Kejuaraan Dunia, Ginting Pilih Ambil Sisi Positif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:00 WIB
"Nilai positifnya ini waktunya buat istirahat karena kemarin pertandingan cukup intens tiga bulan, capek...
AFP/	CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Serena Williams Absen di Australia Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 10:37 WIB
Mantan petenis peringkat 1 dunia itu belum melakoni laga kompetitif lagi sejak ia mengalami cedera serius ketika tergelincir selama...
AFP/Rudy CAREZZEVOLI

Jelang Pensiun, Raikkonen Mengaku Puas dengan Kiprahnya di Formula 1

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 09:00 WIB
Dua puluh tahun sejak melakukan debut di Formula 1 untuk tim Sauber di GP Australia 2001, Raikkonen akan membalap untuk terakhir kali di GP...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya