Senin 30 Agustus 2021, 01:17 WIB

GP Belgia Hanya Berlangsung Dua Lap, Verstappen Jadi Juara

Widhoroso | Olahraga
GP Belgia Hanya Berlangsung Dua Lap, Verstappen Jadi Juara

AFP/KENZO TRIBOUILLARD
Safety car memandu pembalap di GP Belgia, Minggu (29/8). Hujan deras membuat balapan hanya berlansung selama dua lap.

 

PEMBALAP tim Red Bull Max Verstappen meraih juara balap Formula 1 GP Belgia di Sirkuit Spa Franchorchamps, Minggu (29/8). Dalam lomba yang sempat ditunda tiga jam akibat hujan deras tersebut, Verstappen dinyatakan juara dalam lomba yang hanya berlangsung selama dua lap tersebut.

Lomba sedianya dimulai pukul 15.00 namun hujan deras yang turun dan kondisi trek yang membahayakan membuat start menunda. Sergio Perez menjadi korban cuaca buruk di Spa ketika ia kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pagar pembatas di Les Combes. Pembalap Meksiko itu tersingkir lebih dini karena kerusakan suspensi depan mobilnya cukup parah, tak memberikan cukup waktu bagi kru tim Red Bull
memperbaikinya.

Kondisi trek yang tak semakin membaik menunda kembali start setelah Safety Car sempat memandu mobil-mobil para pembalap menjalani formation lap sebelum akhirnya kembali ke garasi masing-masing. Steward pada akhirnya memutuskan start ulang pada pukul 18.17 waktu setempat meski hujan belum juga reda dengan limit satu jam tersisa.

Hanya separuh poin balapan tersedia bagi pebalap apabila balapan berjalan antara dua lap dan 75 persen dari jarak asli, yaitu 44 lap. Direktur balapan Michael Masi mengonfirmasi balapan berjalan 39 putaran saja dengan 53 menit tersisa.

Akan tetapi, kondisi trek dan cuaca tak semakin membaik dan para pembalap tak memiliki visibilitas yang baik. Race director kemudian memutuskan menghentikan balapan lagi dan para pembalap kembali ke pit.

Setelah cuaca tak memungkinkan untuk menggelar balapan, GP Belgia terpaksa dibatalkan dan Verstappen, yang start dari pole position dinyatakan sebagai juara dan mendapat 12,5 poin karena syarat minimal lap terpenuhi. George Russell yang start dari P2 meraih finis podium perdananya di F1 berseragam tim Williams, sementara pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton membawa pulang 7,5 poin di P3.

Dengan hasil tersebut, Verstappen memangkas defisit delapan poin dari Hamilton menjadi tiga poin di klasemen. "Sangat disayangkan tak bisa menjalani lap yang pantas, tapi kondisinya sangat membahayakan di luar sana, visibilitasnya rendah," kata Verstappen. (Ant/OL-15)

 

Baca Juga

AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Medvedev Antar Rusia ke Final Piala Davis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 05:22 WIB
Petenis nomor dunia itu memastikan keunggulan Rusia, yang sebelumnya unggul 1-0 setelah Andrey Rublev menang 6-4 dan 6-0 atas Dominik...
AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Hamilton Rebut Posisi Pole di GP Arab Saudi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 04:51 WIB
Hamilton tampak kewalahan dengan understeer di sepanjang Q3 namun ia mampu membawa mobil Mercedesnya tercepat di lap terakhir dengan...
AFP/Giuseppe CACACE

Hamilton Lolos dari Penalti, Mercedes Diganjar Denda di GP Arab Saudi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 04:37 WIB
Steward, pada akhirnya, mewajibkan Mercedes membayar denda 25.000 euro dan menjatuhkan teguran untuk kedua kalinya kepada Hamilton musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya