Minggu 29 Agustus 2021, 18:10 WIB

Pol Espargaro Raih Pole Position di Sesi Kualifikasi MotoGP Inggris

Ilham Ananditya | Olahraga
Pol Espargaro Raih Pole Position di Sesi Kualifikasi MotoGP Inggris

AFP/Adrian Dennis.
Pol Espargaro.

 

POL Espargaro meraih pole position pertamanya sebagai pembalap Repsol Honda dalam sesi kualifikasi MotoGP Inggris Silverstone. Ini akan menempatkan dirinya di posisi paling depan untuk putaran ke-12 Grand Prix musim 2021.

Catatan waktu itu menunjukkan dirinya lebih unggul dari Fransesco Bagnaia dan pemimpin klasemen sementara Fabio Quartararo dengan catatan waktu lap terbaik yaitu 1 menit 58,889 detik. Pecco, sapaan akrab Bagnaia, yang berada di posisi kedua hanya berselisih 0,022 detik dengan Espargaro. Quartararo menyusul di posisi ketiga dengan 1 menit 58,925 detik.

"Saat ini Fabio (Quartararo) satu atau dua persepuluh detik lebih cepat dari kami. Dia juga memiliki (kecepatan waktu) itu di (MotoGP) Austria. Jadi kami akan membuat kemajuan dengan setelan motor dan akan bersaing dengannya di depan," kata Bagnaia.

"Saya kira Marc (Marquez) juga akan bersaing di kelompok pembalap depan bersama kami. Ini akan menjadi balapan yang sangat menyenangkan. Saya puas karena Silverstone menjadi trek yang benar-benar saya sukai, tetapi tidak pernah mudah bagi saya," pungkas Pecco.

Setelah hasil tu, Bagnaia menyadari rival-rival lama yang sudah ia kenal akan terus dirinya waspadai terutama Quartararo dan Marquez. Jorge Martin yang berasal dari tim Pramac Ducati dengan status Rookie tersebut mampu unjuk gigi dengan bertengger di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 59,074 detik.

Marc Marquez yang memiliki catatan rekor untuk waktu satu putaran terbaik dan satu lap balapan tercepat di musim 2019, hanya mampu melengkapi posisi lima besar. Tentu dalam trek di Silverstone, trek yang memiliki 18 tikungan ini lebih menguntungkan Yamaha. Lintasan lurus biasanya lebih dikuasai oleh tim Ducati. Marquez setidaknya memiliki strategi untuk segera melakukan penyetelan kepada motornya jika dirinya ingin meraih kecepatan yang maksimal.

Karena di gelaran GP Inggris, Honda mengadopsi sistem pengereman motor skuter. Rem belakang bisa dioperasikan dengan tuas yang ada di stang kiri di bawah tuas kopling. Namun ternyata Marquez mengaku tak nyaman dan lebih memilih dengan cara tradisional yakni menggunakan rem kaki.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, berada di belakang Marquez. Jack Miller, rekan satu tim Pecco di Ducati yang sempat mencatatkan diri untuk waktu latihan tercepat, berada di posisi ketujuh dengan catatan waktu 1 menit 59,368 detik.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, berhasil mencapai posisi kedelapan untuk memulai balapannya nanti bersama tim Petronas Yamaha. Dirinya lebih ingin mengalihkan fokusnya untuk menggunakan strategi ban belakang tipe keras.

Dirinya mencoba memahami dan mempelajari tipe ban yang cocok untuk dirinya ketika berlaga di GP Inggris. "Saya sedikit lebih cepat dengan ban tipe keras. Sulit menggunakan tipe medium untuk berada sampai akhir balapan. Di sisi lain, tidak mudah juga menggunakan tipe keras," ucap Rossi.

"Anda perlu memahami ban yang terdegradasi dengan cara yang lebih baik dan tidak kehilangan waktu. Tidak selalu yang keras lebih baik pada akhirnya," tambahnya.

Mereka diikuti Johann Zarco dari tim Pramac Ducati dan Alex Rins dari Suzuki Ecstar untuk menutup posisi kesembilan dan kesepuluh besar pembalap MotoGP Inggris. Jake Dixon rekan satu tim Rossi, yang sempat mengalami kecelakaan pada sesi latihan ketiga dirinya, harus memulai balapan dari posisi paling akhir nanti ke-21. (Crash/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Humas PBSI

Kembali Bertemu di Final, Hoki/Kobayasi Tak Gentar Lawan Minions

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 28 November 2021, 08:16 WIB
Pasangan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi melenggang ke partai puncak turnamen bulutangkis SimInvest Indonesia Open...
Dok. GoBasket.id

Bangkitkan Talenta Pebasket Putri, Turnamen GoBasket Women Pickup Games Digelar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:36 WIB
Ajang yang digelar Sabtu (27/11) di Filari Court, Jakarta Selatan, diikuti enam tim peserta. Mereka adalah para komunitas basket putri yang...
Dok BWF

Axelsen Puji Penampilan Jojo di Indonesia Open

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:29 WIB
Hasil tersebut memperpanjang rekor kemenangan Axelsen jadi lima dari tujuh pertemuannya menghadapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya