Selasa 03 Agustus 2021, 13:10 WIB

Mihambo Raih Emas Pertama di Ajang Olimpiade

Ilham A | Olahraga
Mihambo Raih Emas Pertama di Ajang Olimpiade

AFP/ANDREJ ISAKOVIC
Malaika Mihambo

MALAIKA Mihambo sebagai perwakilan Jerman akhirnya meraih medali emas pertamanya dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020, untuk cabang atletik lompat jauh putri pada Selasa (3/8) pagi. Ini merupakan emas pertamanya untuk edisi Olimpiade.

Atlet lompat jauh berusia 27 tahun itu menambah koleksi emasnya. Sebelumnya, Mihambo sudah mengoleksi emas dari Kejuaraan Dunia di Doha 2019 dan Kejuaraan Eropa di Berlin 2018.

Dirinya berhasil lompat sejauh 7 meter pada upaya terakhirnya, setelah upaya keempat dan kelimanya mengalami kegagalan karena kaki Mihambo melebihi garis batas lompat jauh. Catatan ini merupakan catatan musim terbaiknya setelah pada kualifikasi Olimpiade dirinya mencatatkan lompatan sejauh 6,98 m.

Wakil Amerika Serikat Brittney Reese mengklaim perak, hanya selisih tipis dengan Mihambo yaitu 6,97 m. Medali perunggu dipegang oleh Ese Brume dari Nigeria dengan catatan yang sama dengan Reese namun dirinya memiliki batas lompat yang lebih jauh dari garis batas yaitu sejauh empat centimeter (cm), sedangkan Reese hanya 1 cm dari garis batas.

Baca juga: Mihambo Persembahkan Emas Lompat Jauh untuk Jerman

Brumme sebelumnya sempat memimpin di awal babak final dengan lompatan 6,97 di upaya pertamanya. Sedangkan Reese kembali menyusul dengan catatan yang sama namun menang dominasi jarak sentuhan kaki ke garis batas lompat jauh.

Atlet asal Serbia Ivana Spanovic, peraih medali perunggu dari Olimpiade Rio 2016, hanya mampu menyelesaikan perolehan medali tertinggal 9 cm dari pemenang, dengan satu lompatan terbaiknya di upaya keduanya pada 6,91m.

Jazmin Sawyers dari Inggris finis di urutan kedelapan dengan lompatan 6,80 m dan rekan senegaranya, Abigail Irozuru di urutan ke-11 hanya mampu melompat 6,51 m.(Olympics/OL-5)

Baca Juga

Antara

Jelang PON Papua, Panitia Gelar Test Event Cabor Kriket

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 14:08 WIB
Test event dilakukan dengan menggelar pertandingan antara tim kriket putra dan tim kriket putri di venue wilayah Sentani, Kabupaten...
medcom

Indonesia Imbangi Barbados di Piala Davis

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:26 WIB
Tunggal utama tim Merah Putih, Justin Barki (21), menyumbang satu angka kemenangan setelah menyudahi perlawanan Kaipo...
Facebook SEA Games 2021

Vietnam tidak Pasti, Nasib SEA Games belum Ada Titik Temu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:34 WIB
Pembahasan pelaksanaan SEA Games Hanoi masih alot lantaran panitia penyelenggara perlu melakukan koordinasi lanjutan dengan pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya