Selasa 20 Juli 2021, 11:37 WIB

Disebut Berpeluang Lolos 16 Besar Olimpiade Tokyo, Anthony Ginting Pilih Fokus Step by Step

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Disebut Berpeluang Lolos 16 Besar Olimpiade Tokyo, Anthony Ginting Pilih Fokus Step by Step

AFP/Handout / BADMINTON ASSOCIATION OF THAILAND
Anthony Sinisuka Ginting

PEBULU tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. usai melakukan program pelatihan di Perfektur Kumamoto, Jepang, sebagai persiapan Olimpiade 2020 Tokyo, mengatakan kondisinya kini dalam keadaan prima.

Namun, Ginting mengakui kondisinya sempat turun karena harus menjalani karantina selama tiga hari saat kedatangan di Jepang.

"Kondisi memang sempat menurun karena tiga hari pertama tidak ada latihan. Tetapi berkat program yang dijalani sejauh ini, Puji Tuhan, kondisi saya sudah kembali ok. Aman semua dan siap bertanding," ungkap Ginting dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (20/7).

Baca juga: Ganda Putra Bulu Tangkis Indonesia Siap Berikan yang Terbaik di Olimpiade Tokyo

Menempati unggulan kelima di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Ginting tergabung bersama Gergely Krausz (Hungaria) dan Sergey Sirant (Rusia) di Grup J.

Ginting belum pernah bertemu sebelumnya dengan kedua calon lawannya itu. Tetapi, secara peringkat, mereka terpaut jauh dari Ginting. Ginting, saat ini, berada di peringkat kelima, sementara Krausz peringkat 94 dan Sirant 77.

Karenanya, kans Ginting melaju ke babak 16 besar terbuka lebar. Tetapi, ia tidak mau berpikir terlalu jauh, dan fokus melakukan yang terbaik.

"Ya tetap dari awal tidak mau lihat siapa lawannya sih, tetap fokus dan maksimal saja untuk persiapan menjelang pertandingan sama nanti pas pertandingannya," tutur Ginting.

"Saya belum memikirkan 16 besar, waspada satu-satu saja dulu lawan di grup. Ini Olimpiade, semua bisa terjadi. Jangankan Olimpiade, di turnamen biasa pun sering terjadi pemain yang peringkatnya lebih rendah bisa mengalahkan unggulan," sahut Ginting.

Lebih lanjut, Ginting mengatakan persaingan di sektor tunggal putra akan ramai. Karenanya, ia menilai kekuatan antarpemain sudah merata menyusul pandemi covid-19, yang membuat sejumlah turnamen bulu tangkis batal digelar.

"Persaingan di tunggal putra akan ramai. Semua merata kekuatannya. Apalagi saat sudah masuk babak gugur. Unggulan sudah bertemu unggulan. Jadi menurut saya, siapa yang lebih siap dan tidak kehilangan fokus dia yang akan menang," beber Ginting.

Dapat diketahui, setelah melakukan pemusatan latihan di Perfektur Kumamoto selama 10 hari, saat ini, tim bulu tangkis Indonesia sudah bergabung bersama Kontingen Olimpiade Indonesia lainnya di Kampung Atlet, Tokyo, Jepang, Senin, (19/7).

Adapun dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang dihelat pada 23 Juli hingga 8 Agustus, cabang bulutangkis akan dipertandingkan pada 24 Juli-2 Agustus 2021.

Sebanyak 11 atlet Indonesia pun telah bersiap untuk menampilkan permainan terbaiknya di Olimpiade Tokyo.

Ke-11 atlet Indonesia tersebut yakni, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran). (PBSI/OL-1)

Baca Juga

AFP/Vincenzo PINTO

Eko Yuli Irawan Ingatkan Atlet untuk Kelola Keuangan

👤 Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:03 WIB
Lelaki berusia 32 tahun ini mengungkapkan, selama hidup, ia selalu berusaha menghindari sistem pembayaran kredit untuk berbagai...
AFP/Loic VENANCE

Yosozumi Sabet Medali Emas Skateboard Park Putri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:52 WIB
Ini adalah emas ketiga Jepang dari skateboard setelah Yuto Horigome yang meraih emas street putra dan Momiji Nishiya yang menyabet medali...
AFP/Mohd RASFAN

Lifter Transgender Putuskan Pensiun Selepas Olimpiade Tokyo 2020

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:37 WIB
Meski penampilannya di Olimpiade hanya singkat, Hubard menuai pujian dari komunitas transgender karena mencetak sejarah bagi kelompok...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya