Selasa 06 Juli 2021, 09:36 WIB

Federer, Petenis Putra Tertua yang Capai Perempat Final Wimbledon

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Federer, Petenis Putra Tertua yang Capai Perempat Final Wimbledon

AFP/Glyn Kirk
Petenis Roger Federer

 

MANTAN petenis peringkat satu dunia Roger Federer mencatatkan sejarah sebagai petenis putra tertua yang masuk ke perempat final Wimbledon dengan usia 39 tahun 337 hari, mengalahkan rekor milik Ken Rosewall yang mengikuti turnamen tersebut saat berusia 39 tahun 224 hari pada tahun 1974.

Federer yang akan berusia 40 tahun pada 8 Agustus mendatang, berhasil menembus babak perempat final Wimbledon setelah mengalahkan petenis Italia Lorenzo Sonego dengan skor akhir 7-5, 6-4, 6-2, Senin (5/7) waktu setempat.

"Pada hal tertentu, saya senang melihat upaya yang telah saya lakukan selama ini terbayar, mengetahui bahwa saya bisa bermain di level ini," kata Federer dikutip dari ATPtour.

"Saya merasa setelah set pertama saya bisa mengendalikan segalanya. Saya sangat bersemangat berada di perempat final," imbuhnya.

Menginjak usia 39 tahun dan masih bermain di turnamen tenis profesional tentu bukan hal yang mudah bagi Federer, terlebih bintang Swiss itu telah menjalani dua kali operasi lutut kanan beberapa waktu lalu. Federer ingin membuktikan dirinya masih layak berada di turnamen tenis.

"Ketika anda masih muda, anda mungkin tidak akan meragukan kondisi diri anda sendiri. Tapi saat kau berada di posisi ku saat ini, dengan usia yang kumiliki, ada banyak keraguan di mana-mana. Anda harus membuktikan kepada diri sendiri bahwa anda bisa melakukannya," ucap Federer.

Baca juga:  Federer Melangkah ke Babak 16 Besar Wimbledon yang Ke-18

Federer yang tengah mengincar gelar kesembilannya di Wimbledon, memang telah mempersiapkan turnamen Grand Slam Lapangan rumput itu dengan cukup matang. Bahka dia rela mengundurkan diri dari babak 16 besar turnamen Grand Slam Prancis Terbuka pada awal Juni lalu, dengan alasan dirinya ingin bersiap untuk Wimbledon

"Saya rela mengambil kerugian di turnamen lain hanya untuk dapat berada di lapangan rumput, hanya untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima, dan berharap saat Wimbledon dimainkan saya benar-benar bisa merasa baik-baik saja. Dan saya telah membuktikannya sekarang di sini," tuturnya.

Pertandingan berikutnya akan menjadi perempat final Wimbledon ke-18 kalinya untuk Federer. Dia bersiap untuk menghadapi pemenang antara unggulan kedua Daniil Medvedev atau petenis Polandia Hubert Hurkacz.

"Saya merasa memiliki beberapa kamujan yang baik, saya mulai terbiasa dengan kondisi lapangan. Sekatang kita akan melihat berapa banyak lagi yang bisa saya menangkan. Saya menantikan babak berikutnya," tukas Federer.(ATPtour/OL-5)

Baca Juga

AFP/	CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Serena Williams Absen di Australia Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 10:37 WIB
Mantan petenis peringkat 1 dunia itu belum melakoni laga kompetitif lagi sejak ia mengalami cedera serius ketika tergelincir selama...
AFP/Rudy CAREZZEVOLI

Jelang Pensiun, Raikkonen Mengaku Puas dengan Kiprahnya di Formula 1

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 09:00 WIB
Dua puluh tahun sejak melakukan debut di Formula 1 untuk tim Sauber di GP Australia 2001, Raikkonen akan membalap untuk terakhir kali di GP...
AFP/Robyn Beck

Fury Harus Pertahankan Gelar WBC Melawan Whyte

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 08:45 WIB
WBC mengatakan Whyte ditetapkan sebagai penantang teratas untuk gelar Fury, yang menjadi juara dunia dengan memukul KO Deontay Wilder di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya