Kamis 17 Juni 2021, 10:02 WIB

Federer Akui tidak Mudah Tampil Kembali di Sebuah Turnamen Setelah Operasi Lutut

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Federer Akui tidak Mudah Tampil Kembali di Sebuah Turnamen Setelah Operasi Lutut

AFP
Roger Federer

MANTAN pentenis peringkat satu dunia Roger Federer gagal mencapai babak perempat final Halle Terbuka 2021. Petenis Swiss itu kalah dari petenis Kanada Felix Aguer-Aliassime pada Rabu, (16/5) waktu setempat.

Kembali bertarung di turnamen lapangan rumput setelah pulih dari cedera lututnya. Federer berjuang selama 1 jam 44 menit dan sayangnya harus menerima keunggulan Aguer-Aliassime dalam pertarungan tiga set 6-4, 3-6, 2-6.

Federer yang kembali ke lapangan tenis profesional pada musim ini setelah mengalami cedera lutut, memulai kariernya dengan lambat. Tahun ini Federer baru mengikuti empat turnamen. Yakni Qatar Terbuka, Jenewa Terbuka, Prancis Terbuka, dan Halle Terbuka. Dan dia mengakui bahwa kembali ke turnamen setelah melakukan dua kali operasi lutut kanan bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga: Tampil Pertama dalam Dua Bulan, Federer Langsung Tersingkir

"Ini tantangan besar bagi saya, semua orang yang telah menjalani beberapa operasi pasti mengerti apa yang saya bicarakan," ucap Federer, dikutip dari ATPtour, Kamis, (17/6).

"(Setelah melakukan Operasi) Semua tidak datang dengan simpel, semua tidak datang dengan mudah. Selalu ada rasa khawatir tentang rasa sakit atau kekhawatiran tentang apa yang akan anda rasakan keesokan harinya, dan terkadang itu sedikit membebani anda untuk tampil penuh," imbuhnya.

Dalam pertandingan, Federer berjuang melalui set pertama yang ketat melawan Aguer-Aliassime dan permainannya terlihat bagus selama memimpin pertandingan. Namun juara Halle 10 kali itu membuat banyak kesalahan dan menunjukkan rasa frustrasi yang tidak seperti biasanya di set ketiga yang membuatnya harus menerima kekalahan.

Tampil kurang maksimal pada set ketiga, Federer mengatakan bahwa dia dalam kondisi baik-baik saja, dan tidak ada masalah pada kondisi tubuhnya. Saat ditanya apakah itu dampak dari proses pemulihan cederanya, Federer pun menapik hal itu, dan mengakui bahwa ia menikmati proses pemulihannya.

"Saya tidak keberatan dengan seluruh proses rehabilitasi, saya menikmatinya. Tapi tentu saja begitu anda kembali ke Lapangan, Anda menginginkan untuk dapat tampil seperti dulu, dan kemudian anda kecewa dengan penampilan atau pukulan yang tidak lebih baik," tutur Federer.

Kendati langkahnya harus terhenti, Federer mengatakan ia tetap senang dengan bagaimana dia bermain di set pertama dan ia juga memuji permainan Aguer-Aliassime di pertandingan itu.

"Hal baik yang keluar dari pertandingan seperti ini, melawan pemain hebat adalah saya tahu apa yang perlu saya pikirkan untuk terus maju, jelas saya memerlukan hal itu lebih banyak sebagai bagian dari proses pemulihan saya," terangnya.

"Secara keseluruhan saya pikir Felix memainkan pertandingan dengan baik. Dia memiliki permainan yang solid, dia menunjukan bahwa dia ingin menang dan dia bisa lebih bak pada akhirnya," tukas Federer. (Rif/ATPtour/OL-10)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Langkah The Daddies Terhenti di Semifinal 

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 30 Juli 2021, 19:19 WIB
The Daddies julukan Ahsan/Hendra tak kuasa menahan gempuran dari Lee/Wang dan harus menutup gim dengan kekalahan 11-21,...
AFP

Mimpi Djokovic Raih Golden Slam Digagalkan Zverev

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 30 Juli 2021, 19:12 WIB
Petenis peringkat satu dunia tumbang dalam pertandingan tiga set dengan skor akhir 6-1, 3-6, 1-6. Hal itu membuat Zverev melaju ke babak...
marca.com

Verstappen Ungguli Duet Mercedes di GP Hungaria

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 18:08 WIB
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen membuka akhir pekan Grand Prix Hungaria sebagai pebalap tercepat di sesi latihan bebas pertama pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya