Minggu 06 Juni 2021, 15:42 WIB

Federer Susah Payah Lolos Ke Babak Empat Roland Garros

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Federer Susah Payah Lolos Ke Babak Empat Roland Garros

MARTIN BUREAU / AFP
Petenis Roger Federer meninggalkan lapangan seusai mengalahkan Dominik Koepfer dari Hungaria.

 

MANTAN petenis nomor satu dunia Roger Federer akhirnya mampu mengamankan tempatnya di babak ke empat Roland Garros.

Ia harus memainkan pertandingan hingga larut malam, tepatnya pukul 1 pagi waktu Paris, Prancis, setelah melalui empat babak dramatis 7-6(5), 6-7(3), 7-6(4), dan 7-5 untuk mengalahkan Dominik Koepfer.

Federer yang merupakan unggulan ke delapan di turnamen ini seakan berjalan di atas tali saat Koepfer memenangkan set kedua dan memimpin 4-2 di set ketiga.

Federer membutuhkan tiga jam 39 menit termasuk tiga tie break untuk memegang kendali pertandingan kembali dan mengamankan babak selanjutnya.

“Saya tidak begitu yakin setelah set kedua berapa banyak lagi (tenaga) yang tersisa, jadi ini pertandingan yang sangat baik sampai akhir,” ungkap Federer sebagaimana dilansir laman ATP, Minggu (6/6).

“Saya rasa kemenangan ini sangat penting bagi saya. Saya jelas tidak berlatih untuk tiga jam dan 35 menit, karena jelas bahwa tadi itu saya memaksakannya. Saya mendorong sekuat yang saya bisa. Namun hari ini saya rasa ini merupakan langkah maju bagi tim dan sagi kami kami semua,” ungkap Federer.

Dengan kemenangan itu, Federer pun mencapai babak ke-16 di turnamen grand slam untuk ke 68 kalinya.

Ia pun memperpanjang catatannya untuk atlet yang mencapai babak 16 besar terbanyak di turbamen grand slam.

Federer merasa meski sebagian hal menyenangkan saat di luar prediksi, namun dalam hal kesuksesan ia lebih memilih sebuah kepastian.

Karenanya, ia mengaku lebih memilih dirinya yang dulu atau mungkin kondisi Nadal maupun Djokovic yang mampu mengetahui levelnya, ketimbang saat ini saat ia masih mencari tahu dimana level ia saat ini.

“Itu cukup menyenangkan ketika tidak mengetahui seperti saat usia 17 tahun ketika saya baru memulai dan bukan siapa siapa, bahkan saya tidak tahu apakah itu memungkinkan,” ungkap Federer.

"Meski ada sudut pandang menyenangkan, namun saya lebih memilih sebaliknya. Saya lebih memili berada di posisi Nadal atau Djokovic saat ini ketika mereka dapat mengatakan mereka merasa baik dan bermain baik maupun saya akan menang,” tutur Federer.

Petenis Swiss tersebut mengaku tidak dapat merasakan hal itu dan lebih kepada sedang dalam proses mencari kembali hal tersebut Karenanya ia menilai pertandingan seperti yang ia jalani semalam sangat penting baginya.

Di turnamen ini Federer memang mendapatkan banyak kejutan. Di babak kedua saat melawan Marin Cillic, ia mengaku kaget dengan dirinya sendiri.

Kini petenis 39 tahun ini kembali menghadapi pertandingan sulit saat melawan Koepfer dengan reli panjang.

Federer mengaku sepanjang laga ia terus berusa menjaga motivasinya tetap tinggi sembari mencari cara untuk menghancurkan perlawanan lawan. Terlepas daripada itu semua ia mengaku sangat menikmati pertandingannya. (Dro/ATP/OL-09)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Formula E, Ajang Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:36 WIB
Formula-E yang mengusung konsep sustainable merupakan salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih...
Antara/Zabur Karuru

Indonesia Sisakan 9 Wakil di Perempat Final Bulu Tangkis SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:04 WIB
Di nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil yang melangkah ke babak perempat final, setelah menumbangkan...
Antara

Lolos Perempat Final, Apri/Fadia akan Hadapi Jongkolphan/Rawinda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:25 WIB
Sebelumnya, pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong, dalam SEA...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya