Selasa 20 April 2021, 10:38 WIB

Timnas Dayung Ikuti Babak Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Thailand

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Timnas Dayung Ikuti Babak Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Thailand

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi--Sejumlah atlet dayung bersiap berlatih dalam Pelatnas Dayung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

TIM dayung kano dan kayak Indonesia sedang berada di Thailand untuk berlaga di babak kualifikasi Olimpiade Tokyo regional Asia bertajuk 2021 Asian Canoe Slalom and Sprint Qualifier for Olympic, 5-7 Mei mendatang, di Pattaya.

Sebelum berkompetisi pada ajang khusus kano slalom dan sprint itu, timnas dayung, yang terdiri dari masing-masing empat atlet putra dan putri, serta pelatih Mohammad Suryadi dan Dian Kurniawan, masih menjalani masa isolasi selama 14 hari hingga 30 April.

"Selama menjalani isolasi, tim melakukan latihan secara mandiri di kamar hotel masing-masing, termasuk simulasi paddling, latihan kebugaran hingga latihan beban ringan," kata Suryadi melalui rilis Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) yang diterima di Jakarta, Selasa (20/4).

Baca juga: Belgia akan Vaksinasi Atlet Olimpiade Tokyo

Ketentuan isolasi selama 14 hari merupakan ketentuan wajib bagi semua tim peserta, tidak terkecuali tim tuan rumah. Ia memastikan seluruh anggota kontingen Indonesia dalam kondisi sehat.

"Tim kano dan kayak Indonesia berusaha optimal untuk bisa lolos kualifikasi di tengah kondisi pandemi ini, setidaknya pada satu nomor kano putri," imbuh Suryadi.

Wakil Ketua Umum PB PODSI Hari Sidharta direncanakan akan menyusul ke Thailand pada pekan depan sebagai Manajer Tim, didampingi dokter tim Henny Tantono dan masseur Eka Supriyani.

Atlet dayung kano dan kayak putri Indonesia yang ikut babak kualifikasi di Pattaya adalah Riska Andriani, Nurmeni, Dayumin, dan Stevani Maysche Ibo. Sedangkan atlet putra yaitu Anwar Tarra, Yuda Firmansyah, Maizir Ryondra, dan Adri Agus Mulyana.

Selain Indonesia, tim asing lain yang sudah tiba di Pattaya antara lain Tiongkok 18 orang, Irak delapan orang, Kazakhstan 22 orang, dan Taiwan 13 orang. Kompetisi juga akan diikuti tim dari Iran, Korea Selatan, Singapura, Uzbekistan, Jepang, dan lainnya.

Dalam hal ini, tim Jepang yang menjadi tuan rumah olimpiade juga harus melewati babak kualifikasi karena Federasi Dayung Kano Internasional (ICF) tidak memberlakukan wild card sebagaimana umumnya.

Nomor dayung kano dan kayak Olimpiade Tokyo akan memperebutkan 12 medali emas dari nomor sprint dan empat emas dari nomor slalom.

Untuk kualifikasi dayung rowing akan dilangsungkan di Tokyo, Jepang, pada tanggal yang sama. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Facebook SEA Games 2021

Vietnam tidak Pasti, Nasib SEA Games belum Ada Titik Temu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:34 WIB
Pembahasan pelaksanaan SEA Games Hanoi masih alot lantaran panitia penyelenggara perlu melakukan koordinasi lanjutan dengan pemerintah...
AFP

Rossi Senang Dovizioso jadi Tandem Barunya di SRT

👤Ant 🕔Jumat 17 September 2021, 21:07 WIB
"Saya sangat senang mendapati Andrea sebagai rekan satu tim karena, kami memiliki hubungan baik dan kami juga rival," ujar...
Antara

KONI: Pelaksanaan PON XX Papua Perlu Mengacu Level PPKM

👤Ilham Ananditya 🕔Jumat 17 September 2021, 19:26 WIB
Dalam hal ini, level PPKM yang berlaku di tempat pertandingan. Konsep tersebut juga dilakukan pada penyelenggaraan Olimpiade Tokyo...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya