Kamis 18 Maret 2021, 11:32 WIB

Kepala Kreatif Olimpiade Tokyo Mundur Gara-gara Komentar Menghina

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Kepala Kreatif Olimpiade Tokyo Mundur Gara-gara Komentar Menghina

AFP/Kazuhiro NOGI
Kepala kreatif Olimpiade Tokyo Hiroshi Sasaki

 

KEPALA kreatif Olimpiade Tokyo Hiroshi Sasaki mengundurkan diri setelah mengeluarkan komentar menghina terhadap seorang komedian perempuan Jepang.

Sasaki, yang merupakan kepala direktur kreatif untuk acara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020, mengatakan telah memberi tahu divisi perencanaan melalui obrolan grup bahwa Naomi Watanabe dapat berperan sebagai Olympig, yang merupakan plesetan dari Olympic.

"Ada ungkapan yang sangat tidak pantas dalam ide dan ucapan saya," kata Sasaki dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui penyelenggara Olimpiade, Kamis (18/3).

Baca juga: CAS Larang Rusia Ganti Lagu Kebangsaan dengan Lagu Patriotik

"Saya dengan tulus meminta maaf kepada dia dan orang-orang yang merasa tidak nyaman dengan komentar seperti itu," lanjutnya.

Sasaki mengatakan dia telah memberi tahu Presiden Tokyo 2020 Seiko Hashimoto pada Rabu (17/3) malam bahwa dia mengundurkan diri.

Hashimoto dan CEO Tokyo 2020 Toshiro Muto berencana membahas masalah itu dalam konferensi pers pada Kamis (18/3), kata penyelenggara.

Pengunduran diri Sasaki terjadi dengan cepat setelah majalah mingguan Shukan Bunshun melaporkan pernyataannya pada Rabu (17/3).

Bulan lalu, Yoshiro Mori mengundurkan diri dari perannya sebagai presiden panitia penyelenggara Tokyo 2020 setelah menimbulkan kehebohan dengan komentar seksis ketika dia mengatakan perempuan terlalu banyak bicara.

Mori, yang berusia 83 tahun, mantan perdana menteri, digantikan oleh atlet yang menjadi politisi, Hashimoto, yang telah berjanji menjadikan kesetaraan gender sebagai prioritas utama di Olimpiade.

Sasaki ditunjuk sebagai kepala tim kreatif pada Desember, ketika penyelenggara Olimpiade berupaya mengubah rencana untuk membuat acara
pembukaan yang disederhanakan setelah Olimpiade Tokyo diundur setahun karena pandemi covid-19.

Olimpiade dijadwalkan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus dan Paralimpiade mulai 24 Agustus hingga 5 September. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/INASGOG/Hadi Abdullah

PBSI Janji Cari Solusi Atasi Perselisihan Kevin dan Herry IP

👤Dhika kusuma winata 🕔Selasa 27 September 2022, 15:43 WIB
Alex Tirta menegaskan Herry IP tetap pelatih kepala di aektor ganda putra begitu juga dengan Kevin tetap di...
AFP/Mike Stobe/Getty Images

Ingin Hengkang, Walker Absen di Pemusatan Latihan Pistons

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 14:45 WIB
Musim lalu, Walker, yang baru bergabung dengan Knicks, gagal memberikan performa apik bahkan tersisih dari pilihan pelatih kepala Tom...
AFP/RINGO CHIU and FAYEZ NURELDINE

Fury Sebut Joshua Sudah Lewati Tenggat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 14:30 WIB
Fury memberi ultimatum kepada Joshua, Jumat (23/9), jika tidak ada kesepakatan pada Senin (26/9) maka dia akan menolak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya