Senin 21 Desember 2020, 13:46 WIB

Bamsoet Resmi Jadi Ketum IMI 2021-2024

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Bamsoet Resmi Jadi Ketum IMI 2021-2024

Dok. IMI
Penetapan Bambang Soesatyo sebagai ketua Umum IMI Pusat

 

KETUA MPR RI Bambang 'Bamsoet' Soesatyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024. Bamsoet menggantikan Sadikin Aksa yang memimpim IMI selama satu periode sebelumnya. 

Penetapan Bamsoet sebagai Ketua IMI Pusat di Hotel Novotel, Makassar, Minggu (20/12) itu ditandai dengan penyerahan pataka kepadanya dari Pimpinan Sidang, James Sumendap yang merupakan Ketua IMI Sulawesi Utara. Bamsoet lantas menyatakan tekad bulatnya menjadikan IMI lebih solid, mandiri, berdaya guna, dan berkelanjutan. Yang pasti, ia ingin IMI bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Kira-kira ada sekitar 7.398 klub otomotif yang merepresentasikan kurang lebih 110.000 road users di 34 provinsi tergabung dalam keluarga besar IMI. Dalam tataran organisasi, IMI memiliki 5.210 sport klub, 838 mobility klub, dan 1.350 sport and mobility klub. Karenanya IMI harus menyongsong era digitalisasi, baik dalam pengembangan klub maupun keanggotaan," kata Bamsoet.  

Acara Munas IMI sendiri digelar secara faktual dan virtual. Hanya Ketum IMI Provinsi yang hadir di Makassar, dengan penataan kursi sesuai protokol kesehatan yakni social distancing dan menggunakan masker. 

Hadir secara virtual antara lain Ketua Umum KONI Pusat Letjen (purn) Marciano Norman, dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto. Hadir pula Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Anggota Komisi X DPR RI Robert Kardinal, dan Ketua Umum IMI 2011-2015 yang kini menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna.

Ketua DPR RI ke-20 ini sangat mengedepankan begitu pentingnya olahraga otomotif sebagai industri dan hiburan yang mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial. Setiap tahun, setidaknya IMI harus mampu menggelar 680 kegiatan klub events, 510 kegiatan IMI Provinsi events 189 kegiatan national championship, dan 32 kegiatan national series.

"Mengingat di skala internasional IMI berafiliasi kepada Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), karenanya setiap tahun IMI harus mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan motorsport berskala dunia. Minimal 4 kegiatan international series dan 4 kegiatan international championship. Salah satu peluang yang bisa diambil yakni FIA Electric and New Energy Championship," tutur Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) itu menegaskan, IMI juga harus mendukung pemerintah dalam mengedukasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya. IMI akan menggencarkan standarisasi tata cara berkendara berkelompok sebagai panduan komunitas otomotif dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

"IMI berkomitmen menjadikan kegiatan touring klub otomotif tak hanya sekadar sarana melepas lelah dan penat. Tapi juga harus memberikan nilai tambah ekonomi. Antara lain dengan mempromosikan destinasi wisata yang dilalui selama touring, menjaga kelestarian lingkungan, dan memberikan bantuan sosial ke berbagai lapisan masyarakat," tegas Bamsoet.

Baca juga : Tsunoda Bertekad Buat Kejutan di Formula 1

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga mendorong IMI bisa mewujudkan legalitas olahraga dan industri modifikasi otomotif, yang saat ini sedang berkembang di berbagai penjuru daerah. Sehingga meningkatkan nilai tambah ekonomi UMKM di sektor otomotif sebagai salah satu penyelamat perekonomian dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

"Indonesia juga memiliki peluang besar dalam digital motorsport. IMI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga telah bekerja sama mengembangkan Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI). Trend perkembangan digital motorsport di dunia terus melesat. Bahkan telah masuk dalam salah satu cabang FIA, dan telah disertifikasi oleh FIA pada 2018. Karenanya, Indonesia tak boleh tertinggal," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengapresiasi berbagai capaian IMI dibawah kepemimpinan Sadikin Aksa selama periode 2016-2020. Selain telah memajukan industri dan olahraga otomotif, IMI juga menjadi organisasi pertama yang memasukan paham kebangsaan Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Setelah terpilih Bamsoet dan formatur akan segera menentukan pengurus lengkap untuk bisa membantunya dalam menjalankan roda organisasi IMI ke depan. Sekertaris Jendral (Sekjen) adalah posisi paling krusial yang tak boleh salah pilih. Sepanjang berlangsungnya Munas di Makassar itu, nama A. Judiarto (Mantan Ketua IMI DKI Jakarta 2 periode) digadang-gadang sebagai Sekjen paling pas mendampingi Bamsoet arena meneert luar dalam IMI sejak lama. 

Chandra Samad, penyelenggara event Otomotif asal Makassar yang hadir di Munas IMI mengatakan setuju jika Judiarto dipilih sebagai Sekjen mendampingi Bamsoet. 

"Pak Judiarto ini sangat mengerti dan paham betul dengan organisasi IMI. Apalagi ia punya pengalaman sebagai Ketua IMI Provinsi. Ia juga mantan pembalap. Klop lah kalau menempati posisi Sekjen," ujar Chandra diamini Ketua IMI DKI, Anonto Eko dan Sekumnya, Dodi Irawan juga salah satu pengurus IMI Kaltim yang tak mau disebutkan namanya. 

Ketika ditanya soal ini, Judiarto hanya tersenyum tipis sambil berujar pendek, "Biar saja tim formatur yang menentukan," kata Judiarto.

Selain Judiarto yang mulai disebut-sebut, nama pereli nasional Rifat Sungkar pun jadi buah bibir. Kabarnya, Rifat diproyeksi sebagai Ketua IMI Mobility yang akan berperan memajukan program-program mobility di seluruh Indonesia. 

Selain penetapan Bamsoet sebagai Ketum IMI, Munas juga menetapkan IMI DKI sebagai IMI Provinsi terbaik 2020, diikuti  Jawa Timur sebagai IMI Terbaik kedua dan Sumatera Barat meraih posisi ketiga. (RO/OL-7)

Baca Juga

Maddie Meyer/Getty Images/AFP

Heat Paksa Celtics Lakoni Laga Penentuan Final Wilayah Timur NBA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 13:42 WIB
Jimmy Butler tampil sebagai pahlawan untuk Heat dalam pertandingan kali ini, pebasket berusia 32 tahun itu sukses mencetak 47 poin dan 9...
DOK/FORBES-MBSL

Forbes Indonesia-MBSL Bekerja Sama Gelar Golf Tournament 2022 untuk Amal

👤Media Indonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:20 WIB
MBSL dan Forbes Indonesia pernah bekerja sama menggelar turnamen golf yang berlangsung sukses pada...
AFP

Warriors Amankan Tempat di Final NBA 2021/2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 16:14 WIB
Hasil itu diraih Golden State Warriors seusai mengalahkan Dallas Mavericks pada pertandingan kelima dari seri best of seven final...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya