Jumat 04 Desember 2020, 00:25 WIB

Arab Saudi Ingin Selenggarakan Asian Games 2030

MI | Olahraga
Arab Saudi Ingin Selenggarakan Asian Games 2030

Dok. Kemenpora
Menpora Zainudin Amali memberikan cendera mata kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagaf

MENTERI Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi di Gedung Kemenpora, Jakarta, kemarin.

Pada pertemuan itu, Esam menyampaikan keinginan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2030.

Terkait dengan hal tersebut, Zainudin mengatakan nantinya dia akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas lebih lanjut. Esam pun disarankan untuk berkomunikasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Kami menyarankan datang ke KOI. Tentu kami akan bantu jika berkeinginan bertemu dengan KOI. Kami ingin membantu supaya dukungan Arab Saudi semakin bulat. Saya harap juga Arab Saudi melakukan komunikasi dengan negara-negara lain terkait dengan hal ini,” ucap Zainudin dalam keterangan resminya.

Disebutkan Zainudin, kerja sama keolahragaan antara Indonesia dan Arab Saudi sudah terbangun cukup lama dan itu berhasil mempererat hubungan antarkedua negara.

“Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Kerja sama antara Arab Saudi dan Indonesia sudah terbangun cukup lama di berbagai bidang. Tentu banyak hal yang bisa dikembangkan dalam bidang olahraga. Harapan yang disampaikan tentu menjadi pertimbangan kami, mengingat sejarah yang cukup panjang antara hubungan Arab Saudi dan Indonesia,” jelasnya.

Mendengar apa yang disampaikan Zainudin, Esam pun menyambut baik dukungan Indonesia. Esam berharap, dengan dukungan dari Indonesia, cita-cita Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Asian Games pada 2030 akan tercapai. “Oleh karenanya, kiranya Indonesia mendukung Arab Saudi dalam pencalonan ini. Terima kasih juga atas respons cepat (Menpora) sehingga kita bisa bertemu. Kita juga melakukan koordinasi dengan negara lain,” katanya.

Esam menyampaikan, Arab Saudi memberi perhatian yang besar terhadap dunia olahraga. “Arab Saudi memberi perhatian yang sangat luar biasa dalam perkembangan olahraga. Perhatian ini ingin diperluas untuk senantiasa bekerja sama dengan negara sahabat. Kami memutuskan untuk mengajukan diri untuk menjadi calon tuan rumah Asian Games 2030,” ujarnya. (Rif/R-3)


 

Baca Juga

AFP

16 Wakil RI Kembali Berjuang di Toyota Thailand Open

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:05 WIB
Kompetisi itu dijadwalkan pada 19-24 Januari di Impact Arena, Bangkok. Berdasarkan hasil drawing terbaru, perjuangan wakil Indonesia akan...
AFP

Yonex Thailand Open 2021, Rionny: Prestasi Indonesia Cukup Baik

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:59 WIB
Satu dari tiga turnamen Leg Asia 2021 yakni Yonex Thailand Open 2021 yang diadakan di Bangkok, Thailand telah usai. skuad Merah-Putih...
AFP

Kinerja Panitia Autralia Terbuka 2021 Dikeluhkan Djokovic

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:05 WIB
PETENIS peringkat satu dunia, Novak Djokovic, mengajukan permohonan kepada Direktur turnamen Australia Terbuka Craig Tiley, menyusul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya