Kamis 03 Desember 2020, 07:01 WIB

Grosjean Sebut Nyaris Mati Ubah Dirinya

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Grosjean Sebut Nyaris Mati Ubah Dirinya

AFP/HAMAD I MOHAMMED
Pembalap Haas Romain Grosjean mendapatkan perawatan dari tim medis usai mengalami kecelakaan di GP Bahrain.

ROMAIN Grosjean mengaku dirinya nyaris mati dalam kecelakaan yang terjadi di GP Bahrain, akhir pekan lalu. Hal itu dikatakan pembalap Haas itu setelah meninggalkan rumah sakit, Rabu (2/12).

Pembalap Prancis itu secara dramatis berhasil menyelamatkan diri dari mobilnya yang terbakar dengan hanya mengalami luka bakar pada kedua tangannya dan patah kaki kiri setelah bertabrakan dengan Daniil Kvyat di lap pertama balapan pada Minggu (29/11).

"Saya sudah sangat dekat dengan kematian. Anda tidak bisa menjadi orang yang sama setelah mengalami hal itu," ujar Grosjean.

Baca juga: Dua Musik Belum Cetak Poin, Ini Kesempatan George Russell

Pembalap berusia 34 tahun itu terjebak di dalam mobilnya selama setengah menit sebelum berhasil keluar berkat alat penyelamat mobil Formula 1, halo.

Grosjean kemudian mengisahkan apa yang terjadi dalam kecelakaan di GP Bahrain itu.

"Saya melepas sabuk pengaman dan segera berusaha keluar dari mobil. Namun, saya tidak bisa keluar karena helm saya membentur sesuatu," ungkap Grosjean dengan suara gemetar.

"Saya kemudian duduk kembali dan mengatakan kepada diri saya bahwa saya terjebak dan memutuskan menunggu untuk diselamatkan.

"Namun, di sisi kiri saya, saya melihat warna oranye bersinar dan menyadari mobil saya terbakar. Saya kemudian mengatakan kepada diri saya sendiri, 'Tidak ada waktu untuk menunggu, saya akan berusaha keluar ke sisi kanan'. Namun, saya tidak bisa. Saya juga tidak bisa bergerak ke kiri."

"Saya berpikir, 'Saya tidak boleh berakhir seperti ini, tidak sekarang'. Saya berusaha berdiri namun tidak bisa. Karenanya, saya duduk kembali dan saya melihat kematian di depan mata saya. Itu adalah perasaan yang saya tidak mau dialami orang lain," lanjutnya.

Grosjean mengaku tiga anaknya menjadi hal yang membuat dia menemukan cara untuk membebaskan diri.

"Di sanalah saya mendapatkan kekuatan untuk menarik kaki saya yang terjebak, memutar kepala saya, meletakkan tangan saya untuk mengangkat tubuh saya, dan membebaskan diri," ungkapnya.

Setelah dilarikan ke rumah sakit barulah dia merasa sakit dan terpukul. Namun, dia terhibur karena melihat orang-orang yang dikenalnya serta berbicara dengan istrinya, presenter televisi Marion Jolles Grosjean.

Grosjean mengaku kini tengah berkonsultasi dengan psikolog untuk membantunya mengatasi masalah mental yang mungkin muncul akibat nyaris mati dalam kecelakaan itu.

"Saat ini, saya tidak mengalami mimpi buruk, pikiran jelek, atai ketakutan. Namun, itu tidak berarti hal itu tidak akan terjadi. Itulah mengapa saya berusaha mengatasinya," kata Grosjean.

Grosjean akan absen di GP Sakhir dan posisinya akan digantikan oleh pembalap Brasil Pietro Fittipaldi yang akan melakukan debutnya di Formula 1.

Grosjean mengaku berharap bisa membalap di balapan pamungkas musim 2020 di Abu Dhabi, pekan depan.

Balapan itu bisa menjadi balapan terakhirnya di Formula 1 setelah Haas, Rabu (2/12), mengumumkan bahwa Mick Schumacher akan bergabung dengan pembalap Rusia Nikita Mazepin sebagai pembalap mereka pada musim depan.

"Batasan bagi saya di masa depan bukanlah ketakutan hal ini terjadi lagi namun membuat keluarga saya ketakutan lagi," kata Grosjean.

"Pekan lalu, mengambil cuti selama setahun tampaknya tidak mungkin. Hari ini, saya mengatakan kepada diri saya bahwa saya akan mencoba kitesurfing, balap sepeda, bermain dengan anak-anak saya, dan bersantai sembari minum wine. Saya rasa itu akan mengubah hidup saya selamanya," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

 Handout / various sources / AFP

Greysia/Apriyani Mengaku Emosional Masuk Final Thailand Open

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:47 WIB
Pebulu tangkis Indonesia Greysia Polii mengatakan,"Saya merasa emosional, bukan hanya karena kami memenangkan pertandingan dan masuk...
ANTARA/Badmintonphoto/BWF/Raphael Sachetat

Leo/Daniel Bersyukur Meski Terhenti di Semifinal Thailand Open

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:05 WIB
Hal ini merupakan pengalaman pertama bagi juara dunia junior 2019 itu bisa melangkah sampai semifinal turnamen level Super...
Badminton Photo

Greysia/Apriyani Melaju ke Final Thailand Open

👤Ant 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 17:35 WIB
Di atas kertas, Lee/Shin lebih diunggulkan karena saat ini menempati peringkat ke-4...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya