Rabu 02 Desember 2020, 03:00 WIB

Mandalika Gelar Balap Superbike 2021

MI | Olahraga
Mandalika Gelar Balap Superbike 2021

Dok. Youtube
Sirkuit Mandalika

SIRKUIT Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tidak lama lagi bakal menggelar kompetisi balap motor tingkat dunia. Pasalnya, Federasi Sepeda Motor International (FIM) dan Dorna World SBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai bagian dari penyelenggara balap motor Motul FIM World Superbike Championship (World SBK).

Kepastian itu tertulis dalam kalender sementara balap World SBK 2021 yang diumumkan FIM dan DWO, Senin (30/11). Sirkuit Mandalika tercantum bersama 12 sirkuit lain.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah World SBK 2021 seri ke-11 yang dilangsungkan 14 November 2021. Sebelum di Mandalika, balapan berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australia, yang masih harus menyelesaikan pembahasan kontrak.

Kendati telah masuk kalender sementara World SBK 2021, penyelenggaraan di Sirkuit Mandalika tergantung pada penyelesaian  pembangunan sirkuit. Setelah itu, sirkut harus mendapatkan homologasi dari FIM.

Menanggapi hal tersebut, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, mengaku optimistis sirkuit akan diselesaikan tepat waktu. “Kami optimistis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan 2021,” kata Ricky dalam keterangan pers, kemarin.

Sementara itu, Chief Strategic & Communication MGPA Happy Harinto, menambahkan, selain sebagai pemilik event Moto-GP, Dorna juga memiliki event World SBK yang saat ini sedang naik daun. Superbike sebagai ajang balap motor komersial yang nonpabrikan, berbeda dengan Moto-GP yang menggunakan motor khusus pabrikan.

“Dorna telah memberikan kontrak penyelenggaraan Moto-GP dan World SBKkepada MGPA (Mandalika Grandprix Association). World SBK, yang menggunakan sepeda motor komersial dijamin tidak kalah seru dengan balap Moto-GP,” tuturnya.

“Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah tim dan pembalap serta jumlah sirkuit yang menyelenggarakan World SBK,” terangnya. (Rif/R-2)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Ganda Putra Indonesia Tidak Capai Target di Thailand Open II

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:12 WIB
Herry Iman Pierngadi menilai performa tim asuhannya pada seri kedua Thailand Open 2021 di Bangkok tidak sesuai target, terbukti dengan...
Behrouz MEHRI / AFP

Presiden IOC : Semua Pihak Bertekad Gelar Olimpiade Tokyo

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 20:58 WIB
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menepis laporan tidak berdasar yang menyebut Olimpiade Tokyo...
Antara/Aditya Pradana Putra

Ahsan/Hendra Tumbang di Semifinal Thailand Open II

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 16:34 WIB
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal melaju ke babak final Toyota Thailand Open 2021, setelah di jegal pasangan Taiwan Lee Yang/Wang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya