Selasa 17 November 2020, 07:02 WIB

Djokovic Berharap Australia Terbuka Tetap Digelar

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Djokovic Berharap Australia Terbuka Tetap Digelar

AFP/Glyn KIRK
Petenis Serbia Novak Djokovic

NOVAK Djokovic, Senin (16/11), mengatakan dirinya berharap Australia Terbuka akan tetap digelar meski mengakui tenis menghadapi tantangan menjelang musim 2021.

Petenis peringkat satu dunia itu bermain di ATP Finals di London di penghujung musim yang terpangkas akibat pandemi covid-19.

Tennis Australia, Senin (16/11), mengungkapkan rencana untuk memindahkan sejumlah turnamen pemanasan Australia Terbuka ke Negara Bagian Victoria. Namun, rencana itu mendapat ancaman dari pemerintah negara bagian itu jika terjadi peningkatan kasus covid-19 di Melbourne.

Baca juga: Djokovic Tekuk Schwartzman di ATP Finals

Dalam rencana itu, turnamen yang seharusnya digelar di Sydney, Brisbane, Perth, Hobart, Adelaide, dan Canberra akan seluruhnya digelar di Victoria sebelum Australia Terbuka digelar di Melbourne Park, mulai dari 18 Januari.

Direktur turnamen Craig Tiley mengatakan langkah itu terjadi karena pembatasan covid-19 membuat pemerintah negara bagian tidak menjamin pemain dari luar Victoria bisa masuk ke Melbourne untuk ikut Australia Terbuka.

"Dengan menggelar semua turnamen pemanasan di Victoria maka tidak ada risiko pemain tidak bisa ikut karena tidak diizinkan masuk," ujar Tiley kepada surat kabar Herald Sun.

Namun, Premier Victoria Dan Andrews menegaskan rencana itu belum bisa dipastikan mengingat Melbourne baru saja keluar dari lockdown selama sebulan penuh untuk mengatasi gelombang kedua covid-19.

Djokovic, yang meraih kemenangan di laga pertamanya di ATP Finals, mengaku dirinya optimistis Australia Terbuka bisa digelar.

"Saya ingin bermain di Australia, di Australia Terbuka," tegas petenis Serbia yang telah delapan kali menjuarai turnamen Grand Slam pembuka musim sekaligus juara bertahan itu.

"Saya tidak yakin dengan Piala ATP atau turnamen sebelumnya karena Anda pastinya harus bertolak lebih cepat, dua atau tiga pekan sebelum laga pertama bergulir."

"Kita lihat saja apa yang terjadi. Namun, demi tenis dan demi para pemain, saya berharap Australia Terbuka bisa digelar," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Ducati Perpanjang Kontrak dengan MotoGP Hingga 2026

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Januari 2021, 18:24 WIB
Ducati perpanjang kontrak dengan Dorna dan komitmen tampil di MotoGP hingga...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Sempat Alami Cedera, Ahsan/Hendra Melaju ke Babak Kedua

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 18:14 WIB
Meski mengalami kesulitan dalam pertandingan, pasangan yang memiliki julukan The Daddies itu berhasil menekuk wakil Inggris dengan skor...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Jonatan Christie Gugur di Babak Pertama Thailand Terbuka II

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:32 WIB
Jonatan mengawali gim pertama dengan unggul 6-2. Prannoy terus berupaya memangkas jarak hingga 10-9 sebelum Jonatan menutup interval...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya