Minggu 01 November 2020, 04:20 WIB

Indonesia Andalkan Bulu Tangkis di Paralimpiade

WJ/R-3 | Olahraga
Indonesia Andalkan Bulu Tangkis di Paralimpiade

MI/WIDJAJADI
Senny Marbun, Presiden NPC Indonesia.

KOMITE Paralimpiade (NPC) Indonesia menargetkan mendapat satu medali emas dari cabang bulu tangkis di Paralimpiade 2020 yang akan di­langsungkan tahun depan.

Menurut Presiden NPC Indonesia Senny Marbun di sela-sela perayaan HUT ke-58 NPC, Jumat (30/10) malam, Indonesia baru bisa mendapat medali perunggu di ajang tersebut.

David Jacobs dari cabang tenis meja menjadi penyumbang medali pertama di Paralimpiade 2012 di Inggris. Medali perunggu kedua disumbangkan dari cabang angkat berat oleh Ni Nengah Widiasih yang ikut Paralimpiade 2016 di Brasil.

“Saatnya di Paralimpiade untuk atlet penyandang difabel di Jepang nanti, emas bisa diraih dari bulu tangkis,” ungkap Senny.

Harapan yang begitu tinggi untuk Paralimpiade pada 2021, kata Senny, didasari oleh pembinaan yang matang dan kalkulasi yang cermat. Kesempatan tertinggi pun datang dari cabang bulu tangkis.

Sementara itu, pelatih bulu tangkis NPC Indonesia Muhammad Nurrohman mengatakan, demi menghadapi Paralimpiade nanti, ada ada tujuh atlet yang dipersiapkan. Andalan untuk meraih emas ada pada pasangan ganda campuran Leani Ratri/Hary Susanto di kelas ganda campuran SL3-4-SU5.

“Saingan terberat Indonesia dalam meraih emas di Jepang ialah dari Prancis. Namun, kami optimistis, pasangan Leani/Hary akan mampu. Mereka kini terus berlatih keras di pusat latihan di Hartono Trade Center Solobaru,” kata Nurrohman.

Selain Leani/Hary, juga ada Suryanagoro yang diharapkan bisa tampil cemerlang dan mendapatkan medali di kelas SU5 putra. Ada juga Deva Anrimusti yang menjadi andalan di nomor yang sama.
Kemudian, masih ada Ukun Rukaendi di kelas SL3 putra dan di kelas single SL4 putra diwakili Fredy Setiawan.

Leani selain berpasangan dengan Hary, juga diharapkan tampil cemerlang dua kelas berbeda, yakni di kelas SL4 putri, lalu double SL3-4-SU5 putri berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah.

Secara keseluruhan, NPC Indonesia sebenarnya menyiapkan 35 atlet untuk bisa tampil di Jepang. Mereka berasal dari 35 cabang. NPC Indonesia berharap paling sedikit 25 atlet bisa tampil di Paralimpiade mendatang. (WJ/R-3)

Baca Juga

AFP/Alexander Nemenov

Undian Perempat Final Bulu Tangkis Olimpiade, Minions Bertemu Pasangan Malaysia

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:25 WIB
Tampil sangat meyakinkan menurut catatan pertemuan dengan unggulan kesembilan Chia/Soh, The Minions, julukan Kevin/Marcus, tak terkalahkan...
AFP/Alexander Nemenov

Jadi Juara Grup, Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani Alihkan Fokus ke Perempat Final

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:50 WIB
Sama-sama bertanding di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, ganda putri Greysia/Apriyani dan ganda putra, Ahsan/Hendra berhasil merebut...
AFP/ Luis Robayo

Aksi Gigit Kuping Ala Tyson Terjadi Di Ring Tinju Olimpiade Tokyo

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Juli 2021, 19:34 WIB
AKSI gigit kuping seperti yang dilakukan Mike Tyson terhadap Evander Holyfeld pada laga perebutan juara dunia tinju kelas berat dunia 28...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya