Kamis 29 Oktober 2020, 19:10 WIB

Sambut Olimpiade, Jepang Siapkan Layanan Medis di Kampung Atlet

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Sambut Olimpiade, Jepang Siapkan Layanan Medis di Kampung Atlet

AFP
Stadion Nasional Jepang yang baru dibangun sebagai venue utama Olimpiade.

PENYELENGGARA Olimpiade Tokyo dan pemerintah Jepang tengah mempersiapkan layanan kesehatan di perkampungan atlet.

Upaya itu untuk menjamin kesehatan seluruh pihak yang terlibat dalam Olimpiade Tokyo pada 2021 mendatang. Nantinya, layanan kesehatan selama pesta olahraga akbar diberi nama Komite Pusat Pengendalian Penyakit Menular.

Adapun layanan kesehatan akan rutin memantau kasus covid-19 di lingkungan perhelatan Olimpiade. Mulai dari tes covid-19, pelacakan kasus, pengaturan isolasi, hingga pengobatan jika ditemukan kasus positif.

Baca juga: Olimpiade Ditunda, Atlet Anggar Jepang Jadi Pengantar Makanan

"Selama Olimpiade berlangsung, layanan kesehatan akan berfungsi melakukan tindakan anti-infeksi. Nantinya, bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat dan juga rumah sakit di sekitar kampung atlet," jelas Kepala Eksekutif Olimpiade Tokyo Toshiro Muto.

Pihak penyelenggara dan pemerintah Jepang menyatakan layanan kesehatan akan dikelola sejumlah ahli medis. Lokasinya dibuat terpisah dari klinik dan rumah sakit, agar lebih fokus menangani atlet, staf pendukung, media dan pihak lain yang terlibat dalam Olimpiade.

Mengingat banyak negara yang mengalami gelombang kedua covid-19, muncul kekhawatiran terhadap penyelenggaraan Olimpiade Tokyo pada tahun depan. Namun, otoritas di Jepang meyakini bahwa pesta olahraga empat tahunan itu bisa digelar dengan aman.(JapanToday/OL-11)

Baca Juga

AFP/Andrej Isakovic

Anak Michael Schumacher Ramaikan F1 Musim 2021

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 02 Desember 2020, 18:59 WIB
Mick Schumacher pernah mengemudikan mobil F1 pada musim lalu. Saat itu, dia membantu Ferrari dan Alfa Romeo untuk sesi tes pramusim di...
AFP/Philip FONG

Jepang Siap Terima Penonton Asing untuk Olimpiade Tokyo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 02 Desember 2020, 12:07 WIB
Bulan lalu, pejabat senior Komite Olimpiade Internasional (IOC) Joan Coates mengatakan jumlah atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Hari Ini, Grosjean akan Tinggalkan Rumah Sakit

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 02 Desember 2020, 11:37 WIB
Pembalap Prancis itu tengah dirawat karena luka bakar pada tangannya setelah berhasil keluar dari mobil Haas yang terbakar usai bertabrakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya