Selasa 03 Desember 2019, 11:15 WIB

Rifda Sebut Musik Bantu Dirinya Tenang

Antara | Olahraga
Rifda Sebut Musik Bantu Dirinya Tenang

ANTARA/Nyoman Budhiana
Rifda Irfana Luthfi

MENDENGARKAN musik sebelum turun di arena membantu Rifda Irfana Luthfi tampil rileks menghadapi pertandingan senam artistik yang berujung medali perak di nomor all around SEA Games 2019 di Manila, Filipina, Senin (2/12).    

Dara berusia 20 tahun itu menyempatkan diri mendengarkan berbagai jenis musik ketika sesi rehat di antara empat nomor alat seperti meja lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan, dan senam lantai, yang ia ikuti hari itu.    

"Sebelum aku dipanggil masuk ke alat, biasanya aku dengarkan musik agar lebih tenang," kata Rifda ketika ditemui di Rizal Memorial Colliseum, Manila, Senin (2/12).    

Peraih medali emas SEA Games 2017 nomor balok keseimbangan itu mengaku musik membantunya membangun suasana hati ketika menghadapi alat yang berbeda.        

"Tergantung alatnya, kalau masuk ke lantai musiknya harus yang nge-beat kayak IDM, kalau untuk di beam jazz atau R n B, beda-beda," kata Rifda.    

Baca juga: Target Siman, Medali Emas dan Rekor SEA Games

Rifda, saat ini, menjadi andalan Indonesia di nomor senam dan keluar sebagai yang terbaik di antara kompatriot senegaranya yang turun di nomor all around, seperti Yogi Novia Laila Ramadhani, Amalia Fauziah Nurun Nurbuwah, dan Trithalia.    

Rifda masih akan turun di empat nomor individu pada dua hari ke depan pelaksanaan cabang olahraga senam artistik.        

Pelatih timnas senam artistik putri Eva Butar Butar mengungkapkan, saat ini, Rifda sedang tampil bagus di alat vault atau meja lompat, seperti terlihat dari perolehan poinnya di all around.    

"Kalau melihat peluang dia, saat ini, dia ke vault, itu dia punya kans," kata Eva.        

Meski meraih emas di balok keseimbangan pada SEA games dua tahun lalu, Eva melihat saat ini Rifda tampil kurang meyakinkan di nomor beam meski peluang untuk medali tetap ada.    

"Makanya kenapa bagusnya si Rifda di all around, di empat alat, karena dia punya peluang semua di situ sebenarnya," kata Eva. (OL-2)

Baca Juga

Dok. Masyarakat Basket Indonesia

Manusia Basket Indonesia Sebarkan Virus Cinta Basket di Indonesia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 02 Maret 2021, 04:35 WIB
Kepopuleran olahraga ciptaan James Naismith ini semakin terdongkrak karena mulai banyaknya komunitas-komunitas basket yang ada, baik dari...
William WEST / AFP

Djokovic Samai Rekor Roger Federer

👤Antara 🕔Senin 01 Maret 2021, 23:02 WIB
Gelar Australian Open kesembilan yang disabet Djokovic bulan lalu menjadi jaminan untuk mengamankan peringkatnya dan akan melampaui rekor...
AFP

Tandem dengan Rossi, Morbidelli Menantikan Musim Mendatang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 20:50 WIB
Franco Morbidelli merupakan jebolan akademi VR46 yang didirikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya