Selasa 03 Desember 2019, 07:10 WIB

Windy Pecahkan Rekor Dunia

Budi Ernanto Laporan dari Filipina | Olahraga

WINDY Cantika Aisah merupakan satu dari sekian banyak atlet Indonesia yang baru pertama kali tampil di ajang SEA Games. Meski demikian, lifter yang turun di kelas 49 kg itu secara luar biasa sukses membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di Ninoy Aquino Stadium Rizal Memorial Sports Complex, Filipina, kemarin.

Di akhir pertandingan, Windy dinyatakan berhak mendapat medali emas setelah mampu mencatatkan total angkatan 190 kg. Menurut Windy, pencapaiannya itu memang ditargetkan pelatih.

"Saat latihan juga sudah pernah menyentuh angka segitu," terang Windy.

Perolehan emas oleh Windy itu merupakan salah satu dari lima medali emas yang diperoleh atlet Indonesia di hari kedua SEA Games 2019. Hingga pukul 20.20 waktu Filipina, kemarin, Indonesia berada di peringkat keempat dengan raihan 6 emas. Indonesia juga telah mengumpulkan 11 perak dan 12  perunggu.

Pada hari kedua kemarin, dari lima medali emas yang diperoleh Indonesia, dua emas berasal dari cabang menembak yang diberikan Rio Danu Utama Tjabu dan Tirano Baja. Dua lainnya dari angkat besi yang dipersembahkan Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah. Satu lagi dari cabang duathlon yang disumbangkan Jauhari Johan.

Raihan lima emas di hari kedua itu, menurut Komandan Kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara, sudah sesuai target. "Angkat besi sesuai target. Duathlon tidak ditargetkan. Apa yang mengejutkan? Mereka yang mendapat emas masih muda," kata Harry.

Harry menambahkan, sejumlah cabang olahraga yang digelar pada SEA Games di klaster Clark terpaksa ditunda menyusul ancaman topan Kammuri yang diprediksi melintasi utara Manila kemarin dan hari ini. "Beberapa cabang ditunda, terutama yang digelar di outdoor," ungkap Harry.

Di lain sisi, cabang bulu tangkis berpeluang menambah medali emas untuk Indonesia di hari ketiga SEA Games 2019. Kans itu muncul setelah tim bulu tangkis putri yang turun di nomor beregu mampu menembus babak final. Pada hari ini tim bulu tangkis putri Indonesia dipastikan akan melawan Thailand.

Selain bulu tangkis, cabang yang juga masih berpeluang untuk menyumbangkan medali emas antara lain wushu dan angkat besi. Untuk bisa mendapatkan emas, atlet wushu Edgar Xavier Marvelo harus menjalani sesi kedua nomor taolu kombinasi daoshu/gunshu yang telah dia jalani kemarin. (Des/Ant/X-6)                         

Baca Juga

Mark Sutton / FIA / AFP

Bos Tim Mercedes Dikarantina Karena Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:39 WIB
Pria 49 tahun itu mengatakan kepada televisi ORF Austria dalam wawancara di Piala Dunia Ski Alpen di Kitzbuehel, Minggu (24/1), bahwa...
MI/SUSANTO

Jadi Ketum PB PASI, Luhut Janji Cetak Atlet Atletik Terhormat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 19:39 WIB
Luhut berpendapat bahwa PASI harus tetap dikelola dengan baik, agar menjadi organisasi olahraga yang membantu pemerintah dalam mencetak...
LLUIS GENE / AFP

Motor dan Tim yang Baik Jaminan Tampil Kompetitif di MotoGP 2021

👤┬áDero Iqbal Mahendra 🕔Senin 25 Januari 2021, 19:08 WIB
MotoGP musim 2021 nanti akan menjadi musim perdana bagi pembalap debutan Avintia Enea Bastianini dan Luca Marini, adik dari Valentino...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya