Jumat 22 September 2017, 21:51 WIB

Ancol Serahkan Lahan 2,68 Ha untuk Venue Asian Games

Nicky Aulia Widadio | Olahraga
Ancol Serahkan Lahan 2,68 Ha untuk Venue Asian Games

AFP/GOH CHAI HIN

PT Pembangunan Jaya menyerahkan lahan seluas 2,68 hektare (ha) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai bentuk kontribusi pengembang. Lahan tersebut akan digunakan untuk venue Asian Games.

Lahan tersebut merupakan kontribusi sebesar 5% lahan matang dari proyek reklamasi di kawasan Ancol Barat seluas 56 ha. Proses reklamasi di bibir pantai utara Jakarta ini telah berlangsung sejak 1995 dan tuntas pada 2005.

Dasar penyerahan kontribusi pengembang ini mengacu pada hasil kajian Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DKI Jakarta Nomor LHE-4449 PW.06/5/2011- 23 Juni 2011 dan Keputusan Gubernur Nomor 875/2012 - 4 Juni 2012 tentang kontribusi reklamasi Ancol Barat.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, lahan tersebut akan difungsikan sebagai venue Asian Games bagi cabang olahraga layar. Selain itu, akan dibangun pula kantor perwakilan Kepulauan Seribu di kawasan tersebut.

"Sudah kita bahas di rapim (rapat pimpinan) beberapa minggu lalu. Kita tunjuk bahwa lokasi ini akan digunakan untuk venue olahraga layar serta untuk untuk Kantor Perwakilan Pulau Seribu," kata Djarot di Balaikota, Jumat (23/9).

Dengan demikian, kewajiban PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk atas reklamasi di kawasan Ancol Barat telah tuntas. Meskipun proses penyerahan kontribusi justru berlangsung 12 tahun usai proses reklamasi di Ancol Barat tuntas.

"Jadi memang prosesnya yang lama. Sebenarnya proses reklamasinya sudah tuntas selesai 2005. Tapi proses sampai akhirnya, kan ini harus rapat terus dengan pemprov, bagaimana hitungannya, tanahnya di daerah mana, akhirnya muncul kesepakatan yang kita tandatangani hari ini," jelas Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian PUPR telah menyepakati pembangunan dua venue cabang olahraga air yakni layar dan jetski di kawasan Ancol. Kementerian PUPR menyiapkan anggaran sebesar Rp185 miliar untuk keduanya. Pembangunan ditargetkan rampung dalam 8 bulan. Dengan demikian, uji coba venue bisa dilaksanakan pada Mei 2018. (OL-4)

Baca Juga

AFP/MARTIN BUREAU

Pliskova Tunjuk Pelatih Baru untuk Musim 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 November 2020, 12:58 WIB
Bajin, asal Jerman, mengantar Osaka meraih dua gelar Grand Slam yakni Amerika Serikat (AS) Terbuka 2018 dan Australia Terbuka pada tahun...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Haas Sebut Grosjean Dapat Membalap di GP Sakhir Jika Sehat

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 10:22 WIB
Steiner bersikeras Grosjean akan menjadi pilihan pertama jika cederanya telah sembuh dan mau kembali...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Tim Haas F1 Konfirmasi Grosjean Masih Dalam Perawatan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 09:30 WIB
Steiner menyebut luka bakar di tangan Grosjean sebagai cedera utamanya saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya