Selasa 14 Maret 2017, 09:33 WIB

UMKM masih Jadi Penopang Ekonomi

MI | Nusantara
UMKM masih Jadi Penopang Ekonomi

Dirut BRI Asmawi Syam saat berbicara di kampus Unpad, Bandung---ANTARA

 

SAMPAI saat ini, UMKM masih menjadi penopang terbesar bagi perekonomian Indonesia. Bantuan perbankan penting, tapi tidak lantas membuat sebuah usaha sukses begitu saja.

"Banyak hal yang menjadi faktor kesuksesan sebuah usaha, di antaranya ialah komitmen, konsistensi, kreatif, inovatif, dan jaringan," papar Dirut BRI Asmawi Syam di kampus Universitas Padja-djaran, Bandung, akhir pekan lalu.

Dalam acara CEO Talk yang digelar Unpad BUMN Center of Excellent itu, Asmawi menyatakan BRI juga membantu para pengusaha UMKM, terutama dari sisi permodalan. "Usaha yang bankable memiliki kesempatan besar mendapatkan bantuan permodalan."

BRI, lanjutnya, sudah melayani banyak nasabah yang sukses mengembangkan UMKM. Ada 12 usaha yang mereka geluti. Secara khusus BRI mencatat kesuksesan para pengusaha tersebut dalam sebuah buku berjudul Bisnis Rakyat.

Terkait dengan perkembangan dunia usaha saat ini, Asmawi menyatakan dunia perbankan juga dituntut untuk melakukan transformasi.

Perbankan harus berubah agar tidak tertinggal dari financial technology yang semakin berkembang. "BRI harus melakukan transformasi, tetapi tetap fokus di segmen UMKM," tandasnya.(BU/N-2)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya