Kamis 02 Maret 2023, 13:31 WIB

Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Rute Penerbangan Langsung Manado-Jepang

Voucke Lontaan | Nusantara
Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Rute Penerbangan Langsung Manado-Jepang

MI/VOUCKE LONTAAN
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan penerbangan langsung perdana Manado-Tokyo

 

GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey, kembali membuat terobosan dengan membuka rute penerbangan langsung Bandara International Sam Ratulangi, Manado-Bandara International Narita Tokyo, Jepang.
 
Rute penerbangan langsung perdana itu dilepas Gubernur Olly, Kamis (2/3), dini hari sekitar pukul 01:30 Wita, dengan dilayani Pesawat Garuda Indonesia.
 
Gubernur Olly mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulut optimistis kerja sama bilateral ini bisa memberikan dampak sepadan bagi pemerintahan di Tokyo, pada sejumlah sektor.

"Apalagi, Provinsi Sulut merupakan pintu gerbang Asia Pasifik. Karena itu, arus perdagangan skala internasional menjadi ladang pertumbuhan ekonomi bagi pemerintah dan masyarakat Sulut untuk kembali bangkit dari terpaan pandemi covid-19 lalu," ujarnya
.
Menurut dia, Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado menjadi pilar penting investasi bagi Jepang. Hal ini terbukti karena Jepang lebih memilih Kota Manado dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.


Turis meningkat


Olly menargetkan setiap minggu sedikitnya 50 turis Jepang akan masuk ke Sulawesi Utara, memanfaatkan rute penerbangan langsung tersebut. Ini tidak termasuk dengan jalur yang telad ada sebelumnya, yakni melewati Singapura-Bandara International Sam Ratulangi Manado.

"Kita lihat saja nanti. Saya optimistis arus kujungan wisatawan dari Jepang  meningkat dengan adanya penerbangan langsung. Sebab, jarak tempuhnya juga sangat pendek, lima jam lebih sedikit," jelas gubernur dua periode itu.

Dia menambahkan di samping sektor pariwisata yang akan terdampak positif, penerbangan langsung ini juga berdampak positif  membangkitkan gairah ekspor ikan tuna dan memberikan keuntungan besar bagi para nelayan.

"Ongkos pengiriman ikan tuna ke Jepang sebelum dibuka rute penerbangan langsung mencapai Rp30 ribu per kilogram. Sekarang bisa ditekan menjadi hanya Rp19 ribu. Ini dampaknya sangat besar untuk ekspor kita, terlebih bagi para nelayan dan pengusaha ikan tuna di Sulut," ujar Olly.

Dia memberikan apresiasi atas dukungan dari PT Garuda Indonesia, bea cukai, dan imigrasi yang bisa bekerja sama dengan baik, sehingga rute penerbangan langsung ini terealisasi demi kepentingan masyarkat umum dan pemerintah.

"Pemerintah Jepang juga ada timbal baliknya bisa memanfaatkan rute ini. Sebab, mereka  bisa langsung mengekspor barang-barang kebutuhan dan produk-produk industrii. Misalnya peralatan-peralatan alat berat, suku cadang juga dari Jepang, atau mobil. Saya kira itu sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi di Sulut," tandas Gubernur Olly. (N-2)

Baca Juga

Dok. Polres Demak

Polisi Demak Sita 40 Kg Bahan Peledak Petasan

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 28 Maret 2023, 12:15 WIB
Polres Demak berhasil menangkap empat penjual petasan dan menyita 40 kilogram (kg) bahan peledak pembuat...
MI/HO

Dirjen Bina Adwil Apresiasi Langkah Bupati Kubu Raya Lindungi Redkar dengan Asuransi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Maret 2023, 12:13 WIB
"Afirmasi kebijakan ini sangat simpatik, meskipun Redkar berjuang tanpa pamrih, kepedulian dari Pemerintah Daerah, seperti Pemkab Kubu...
MI/PALCE AMALO

BI NTT Siapkan Rp3,7 Triliun untuk Kebutuhan Hari Raya

👤Palce Amalo 🕔Selasa 28 Maret 2023, 11:29 WIB
Nominal uang yang disiapkan mencapai Rp3,78 triliun, dari proyeksi kebutuhan masyarakat sebesar Rp1,75...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya