Sabtu 18 Februari 2023, 14:36 WIB

Kreatifitas Relawan Sandiuno Ubah Eceng Gondok jadi Rupiah di Purwakarta

mediaindonesia.com | Nusantara
Kreatifitas Relawan Sandiuno Ubah Eceng Gondok jadi Rupiah di Purwakarta

dok.ist
Eceng gondok memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena dapat menjadi produk kreatif yang unik dan laris dipasaran.

 

ECENG gondok memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena dapat menjadi produk kreatif yang unik dan laris dipasaran. Maka itu, Sandiuno Fans Club menjadikan eceng gondok sebagai salah satu alternatif penghasilan tambahan keluarga dan menumbuhkan wirausaha baru.

Ketua Sandiuno Fans Club Purwakarta, Pepta Triansyah mengatakan eceng gondok sebagai tanaman penggangu, namun dengan perkembangan zaman memiliki nilai jual yang tinggi jika diolah secara benar. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru seluas-luasnya bagi bangsa Indonesia.

"Eceng gondok merupakan wabah yang menggangu bagi perikanan, sehingga kami mengambil kesimpulan untuk mengadakan pelatihan. Ternyata eceng gondok ini setelah dikelola, diteliti, dan dimanfaatkan serta dikerjakan oleh orang-orang kreatif bisa menghasilkan nilai tambah secara inside dapat menyerap lapangan kerja," kata Pepta di Gedung Creative Center Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, kemarin.

Pepta menjelaskan Sandiaga Uno mendorong ekonomi kreatif untuk bangkit. Hal ini dibuktikan dari program-program nyata yang diupayakan.

Menurutnya pelatihan ini akan ditindaklanjuti pada pendamping dalam memasarkan produk UMKM Purwakarta agar lebih meluas.

"Mas Menteri Sandiaga Uno sangat mendorong ekonomi kreatif, ini terbukti yang kita lakukan hari ini untuk menciptakan lapangan kerja dan perekonomian keluarga di daerah tersebut. Sandiuno Fans Club pun memberikan langkah-langkah strategis kedepannya program pendampingan untuk memasarkan produk secara luas," jelas Pepta.

Antusias peserta pelatihan Kabupaten Purwakarta dapat memberikan contoh bagi masyarakat daerah lainnya. Sebab mereka menginginkan Indonesia maju dari sektor UMKM.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Herni, 20, mengatakan pelatihan yang diikutinya memberikan wawasan kepada pengusaha muda. Ia pun menyampaikan setelah ini, dapat mengembangkan produksi usahanya dari bahan kulit sapi menjadi eceng gondok.

"Mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan tentunya mendapatkan ilmu yang lebih banyak, karena saya mempunyai usaha sepatu dan sendal dari bahan kulit sapi, jadi eceng gondok dapat dibudidayakan suatu produk yang unggulan dan berkualitas," imbuh Herni.

Pada pelatihan ini para peserta mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Sandiuno Fans Club telah menyelenggarakan program bermanfaat, khususnya untuk pengusaha muda agar terus berinovasi untuk membantu perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini turut didukung oleh DPD RSI Purwakarta dan juga DPN Rumah SandiUno Indonesia, mereka menilai program Sandiaga Uno membuka lapangan kerja di sektor UMKM akan semakin terbuka lebar sehingga target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di 2024 bisa dicapai. (OL-13)

Baca Juga: Sekolah Rakyat Kalsel Membangun Intelektualitas Kelompok Marjinal

Baca Juga

MI/Gabriel Langga).

Berkah Ramadan Penjual Klamud di Sikka Menjamur

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:51 WIB
BULAN suci Ramadan selalu menjadi berkah bagi para penjual klamud alias kelapa muda yang mayoritas beragama Katolik di Kabupaten Sikka,...
Ist

Kemenkominfo Gelar Literasi Digital Cermat Bermain Media Sosial di Sidrap

👤mediaindoonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:02 WIB
Kegiatan program literasi digital nasional dengan tema “Cermat Bermain Media Sosial,”  ini diikuti 11.838 siswa dari 230...
Antara

LRT Palembang Perbolehkan Penumpang Makan dan Minum saat Jam Berbuka Puasa

👤Dwi Apriani¬† 🕔Jumat 24 Maret 2023, 12:55 WIB
Pengelola light rail transit (LRT) di Palembang, memperbolehkan penumpang untuk memecah buka puasa di dalam gerbong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya