Kamis 02 Februari 2023, 23:33 WIB

Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

Dok. Pribadi
Uskup baru Keuskupan Jayapura Mgr. Yanuarius Theopilus Matopai You

 

USKUP baru Keuskupan Jayapura Mgr. Yanuarius Theopilus Matopai You menyerukan untuk menghentikan segala macam bentuk kekerasan di atas tanah Papua. Semua pihak diminta Uskup Yanuarius untuk mengedepankan dialog untuk mewujudkan Papua tanah damai.

"Dari tempat ini saya serukan juga bilamana terjadi konflik di tengah masyarakat, maka saya akan kedepankan pendekatan persuasif, dialog dari muka ke muka. Kita hentikan semua bentuk kekerasan. Kita wujudkan Papua tanah damai," ungkap Uskup Yan saat memberikan kata sambutan usai dithabiskan sebagai Uskup Jayapura di Gereja Katedral, Jayapura, Papua, Kamis (2/2).

Untuk diketahui, Paus Fransiskus mengangkat Uskup Yan sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar sekaligus menempatkan Uskup Yanuarius sebagai Uskup pertama orang asli Papua. Pada hari ini Uskup Yanuarius ditahbiskan sebagai Uskup oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Nuncio Piero Piopo.

Selanjutnya Uskup Yan meminta seluruh umat agar tak putus berdoa untuk meminta perdamaian di tanah Papua. Ia bahkan mewajibkan setiap jam 3 sore seluruh Gereja di wilayah Keuskupan Jayapura membunyikan lonceng sebagai peringatan untuk berdoa memohon kerahiman Tuhan. 

"Saya minta kita tak putus berdoa memohon kerahiman ilahi, meminta apa yang kita minta. Selama ini kita sudah mulai dan Tuhan mendengar. Kita minta Uskup Orang Asli Papua, Tuhan sudah dengar. Maka kita mohonkan lagi apa yang memang ingin kita sampaikan," ungkap Uskup Yanuarius.

Baca juga : Meski Hadapi Masalah, Jawa Barat Tetap Melanjutkan Program Petani Milenial

Terpisah, Aktivis Nasional Hak Asasi Manusia asal Papua Natalius Pigai mengaku bersyukur atas dithabiskannnya Uskup Yabuarius sebagai Uskup Jayapura. Kata dia setelah 186 tahun Gereja hadir di Tanah Papua, baru ada orang asli Papua yang terpilih sebagai uskup. 

"Peristiwa iman ini merupakan sejarah baru bagi orang Papua. Karenanya kita bersyukur kepada Tuhan. Saya ikut bersukacita bersama seluruh umat di tanah Papua," kata Natalius.

Mengomentari sambutan Uskup baru, Natalius mengatakan ada harapan besar pada Uskup Yanuarius yang dia yakini akan selalu berjalan bersama umat.

"Pesan beliau jelas, bahwa kalau kita saling menyayangi maka akan datang keadilan dan perdamaian di Papua. Ini diwujudnyatakan dengan pernyataan beliau bahwa dia akan undang, hadir, dan mengucapkan penderitaan rakyat apa adanya," pungkas Natalius. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI

PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Bandara di Yogyakarta, Antisipasi Kepadatan Pemudik

👤MGN 🕔Sabtu 01 April 2023, 00:02 WIB
  PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Bandara di Yogyakarta Antisipasi Kepadatan...
Dok. Bank Syariah Indonesia

BSI Gema Ramadan Bersama Baznas Lampung Resmi Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 23:50 WIB
"Kegiatan ini menjadi pemicu semangat untuk terus menggaungkan literasi tentang ekonomi dan keuangan syariah,"...
Dok. KST Jabar

KST Jabar Berikan Bantuan Mukena dan Bahan Pangan untuk Para Janda di Cikarang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 23:44 WIB
KST Jabar juga menggelar aksi sosial berupa santunan kepada puluhan janda di daerah tersebut. Para janda tersebut diberikan bantuan mukena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya