Kamis 26 Januari 2023, 16:00 WIB

GKR Hemas Ajak Masyarakat Ramaikan Pameran Wisata dan Kuliner serta UMKM diTRAVEX ASEAN ATF 2023

Mediaindonesia.com | Nusantara
GKR Hemas Ajak Masyarakat Ramaikan Pameran Wisata dan Kuliner serta UMKM diTRAVEX ASEAN ATF 2023

Dok.Kemenparekraf
Jadwal penyelenggaraan TRAVEX di ATF 2023

 

AJANG akbar pariwisata ASEAN, ATF (ASEAN TOURISM FORUM) 2023 yang menandai momen awal masa Keketuaan ASEAN Indonesia akan segera digelar. 

Salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah Travel Exchange atau TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia, serta memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional.

Sejumlah program di TRAVEX yang menjadi agenda penting bagi industri pariwisata dan masyarakat diantaranya adalah sesi B2C (Business to Consumers) atau penjualan langsung yang menggelar 3 agenda utama yaitu Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif.

Istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengajak masyarakat ASEAN untuk berkunjung ke Yogyakarta untuk menghadiri sekaligus meramaikan TRAVEX di ATF 2023. 

Menurutnya, salah satu kebanggaan kota Yogyakarta adalah bukan saja destinasi pariwisata yang menjadi destinasi favorit oleh banyak kalangan wisatawan Nusantara dan mancanegara, tetapi juga keberagaman industri UMKM serta ekonomi kreatifnya. 

"Belum lagi berbagai kekayaan ragam destinasi dan produk-produk UKM dan ekonomi kreatif dari berbagai penjuru Nusantara. Semua ini pantas untuk ditampilkan di momen yang begitu berharga seperti saat ini. Ayo semua datang ke Yogyakarta, ramaikan dan hadirilah TRAVEX di Jogja Expo Center dari tanggal 2-5 Februari mendatang," ajaknya.

Baca juga : Wakil Presiden akan Menghadiri Haul Guru Sekumpul

Sementara itu, Direktur MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) Kemenparekraf Iyung Masruroh menygatakan, pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif yang akan dibuka resmi oleh Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nur Asia Sandiaga Uno bersama Istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas ini terbuka untuk publik dan akan berlangsung pada 2-5 Februari 2023 di Bima Hall A, JEC (Jogja Expo Center). 

"Pameran konsumen langsung ini membuka kesempatan bagi pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif untuk mempromosikan dan menjual produk-produk unggulan mereka ke konsumen baik dari Indonesia maupun ke peserta ATF dan TRAVEX yang datang lebih dari 30 negara. Ini adalah sebuah kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan," katanya.

Pameran Pariwisata Indonesia di TRAVEX membuka kesempatan bagi peserta/exhibitors terutama Pemerintah Daerah, industri pariwisata daerah untuk rebound atau meningkatkan kembali penjualan pasca pandemic Covid-19. 

Peserta Pameran Pariwisata Indonesia meliputi Pemerintah Daerah, desa wisata, DMC, DMO, Industri perjalanan dan pariwisata, jaringan hotel lokal dan nasional, akomodasi, platform penjualan, maskapai penerbangan, asosiasi pariwisata, portal transportasi daring dan lain-lain.

Lebih jauh GKR Hemas menjelaskan, dalam Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif akan ditampilkan juga berbagai aktivitas promosi dan juga budaya diantaranya: Batik Demo, Pembuatan Wayang dari Kulit dan Sukhet (rumput), Melukis Caping (Topi Tradisional Petani Indonesia), Melukis Tas Anyaman, Pembuatan Keramik dari Tanah Liat, Pameran kuliner Nusantara (Cooking Demo dan Food Tasting), serta pameran minuman dan makan tradisional yang eksotik dan lain-lain. 

Masyarakat bisa langsung datang ke JEC dari pukul 10:00-20.000 WIB dan untuk menghadirinya tidak dipungut biaya. Selain itu juga akan ada hadiah-hadiah menarik bagi pengunjung yang beruntung.

Pemerintah Kota Yogyakarta sampai saat ini terus melakukan dan menyelesaikan berbagai persiapan akhir dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan penyelenggaraan terbaik ATF 2023 di Yogyakarta ini berjalan dengan lancar dan sukses dihadiri oleh ribuan delegasi dan pengunjung. (RO/OL-7)

Baca Juga

dok.Pemkot Tegal

Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Kapan Dibangun? ini kata Jumadi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:35 WIB
WAKIL Wali Kota Tegal, M. Jumadi sebut bila tidak ada rintangan, September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan pembangunan...
ANTARAFOTO/ Basri Marzuki

Sepuluh Penerbangan dari Sam Ratulangi Ditunda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:38 WIB
Hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado dan sekitarnya berdampak terhadap penerbangan di Bandara...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:06 WIB
Sejak beberapa pekan terakhir cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya