Selasa 24 Januari 2023, 21:52 WIB

Relawan SandiUno Latih Masyarakat Desa Berwirausaha dengan Handycraft

mediaindonesia.com | Nusantara
Relawan SandiUno Latih Masyarakat Desa Berwirausaha dengan Handycraft

dok.ist
Jaringan Sandi Uno Kabupaten Kuningan, Jabar, menggelar pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari limbah sehingga bernilai ekonomi.

 

KERAJINAN tangan (handycraft) dari Eceng Gondok memiliki peminat yang cukup tinggi, mulai dari pasar domestik bahkan sampai merambah ke pasar internasonal. Dengan melihat peluang tersebut, Aksi Jaringan Sandi Uno membantu masyarakat desa dalam mengembangkan kreativitas serta penciptaan lapangan kerja baru di Kabupaten Kuningan.

Ketua Jaringan Sandi Uno Kabupaten Kuningan, Yayan Sofyan mengatakan eceng gondok sering dianggap sebagai tumbuhan hama yang mengotori air kolam. Sehingga, tanaman ini jangan dimusnahkan, tetapi dapat disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dalam menghasilkan income.

"Kami menggelar pelatihan handycraft dari eceng gondok, karena ini merupakan salah satu yang dianggap masyarakat sebagai sampah. Dengan demikian Aksi Jaringan Sandi Uno membuat ide bahwa sampah dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan income," kata Yayan di Aula Serbaguna Desa Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (24/1/2023).

Yayan menegaskan pelatihan ini dapat memotivasi masyarakat untuk menghasilkan pendapatan. Ia pun bersama pihaknya akan memberikan modal usaha hingga memasarkan ke daerah-daerah di Indonesia.

"Adanya pelatihan handycraft eceng gondok ini bisa memotivasi masyarakat untuk menambah pendapatan. Maka akan dilakukan pendampingan, pemasaran, perizinan, serta permodalannya," jelas Yayan.

Para peserta antusiasme mencoba membuat kreativitas dari eceng gondok. Dari setiap kelompok menghasilkan produk anyaman, berupa tas, topi, dompet, hingga ada juga kursi.

Salah satu peserta pelatihan Iyan, 35, menjelaskan bahwa program ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Dikarenakan dorongan dari Sandiaga Uno dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kuningan.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat terutama untuk peluang usaha kita kedepannya, karena sebagai ibu rumah tangga membutuhkan pelatihan dan pendampingan wirausaha. Dorongan dari Pak Sandi dapat meningkatkan perekonomian rakyat," ujar Iyan.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Rumah Pemenangan Sandi Uno dan UKAMSI (Urang Kuningan Milih Sandi). Mereka menilai program Sandiaga Uno dapat membuka peluang usaha di daerah. (OL-13)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Teganya, Adik Bunuh Kakak Kandung Pakai Pisau Dapur

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:40 WIB
Ketua Rukun Tetangga 03, Encang Suryanto, mengatakan pihaknya menerima laporan dari tetangga rumah mendengar suara orang yang minta tolong...
MI/Ahmad Yakub

Harga Beras Melambung, Pemprov Jatim Gencarkan Operasi Pasar

👤Faishol Taselan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:25 WIB
Mulai hari ini, Sabtu (4/2), Pemprov Jatim bersama Pemkab/ Pemkot serta BULOG menggelar operasi pasar di berbagai daerah di...
MI/Depi Gunawan.

Pengendara Sepeda Motor Tewas Tertimpa Pohon di Lembang

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:05 WIB
Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban bernama Fani, 28, warga Karawang, yang membonceng anak serta istrinya. Mereka mengendarai motor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya