Selasa 24 Januari 2023, 12:28 WIB

Molor, PLTS Terapung Cirata Ditargetkan Rampung September 2023

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Molor, PLTS Terapung Cirata Ditargetkan Rampung September 2023

ANTARA/Raisan Al Farisi.
Ilustrasi.

 

PT PLN (Persero) menargetkan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di atas Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat, rampung pada September tahun ini. Mengalami keterlambatan penyelesaian, proyek ini batal beroperasi di akhir 2022.

Baca juga: Bandara Komodo Siap Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Gregorius Adi Trianto menyampaikan, progres pembangunan PLTS Terapung Cirata hingga minggu pertama Januari 2023 baru mencapai 37,22%. 

"Fokus konstruksi saat ini adalah pada pembangunan bangunan penunjang di darat. PLTS Cirata ditargetkan beroperasi pada September 2023," ujarnya kepada wartawan, Selasa (24/1). 

Proyek strategis nasional tersebut terlaksana melalui kerja sama internasional antara BUMN Indonesia, yakni PLN serta BUMN Uni Emirat Arab, Masdar. Proyek ini digadang meningkatkan bauran energi baru terbarukan di Indonesia. PLTS tersebut akan memiliki kapasitas 145 megawatt alternating current (Mwac).

"Ini akan merupakan PLTS terapung pertama dan terbesar yang dibangun dengan skala utilitas di Indonesia," jelas Greg. 

Dilansir laman resmi PLN, PLTS Terapung Cirata akan dijalankan PMSE (Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi) yang merupakan project company hasil bentukan dari konsorsium cucu usaha PLN, yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI) dengan porsi saham 51% dan perusahaan asal Uni Emirat Arab, Masdar dengan porsi saham 49%.

Greg menambahkan, beberapa capaian pengembangan proyek PLTS Terapung Cirata antara lain ialah telah selesainya beberapa dokumen yaitu masterlist, sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Nomor Pendaftaran Barang (NPB) untuk solar PV Modul. Material utama berupa solar PV Modul (5MW) dan Floater Inverter (13MW) telah berada di lokasi. 

"Untuk proses engineering, desain anchoring dan mooring sebagai pondasi untuk PLTS Terapung juga sudah berhasil diselesaikan," jelas Greg. 

Sedangkan proses konstruksi juga telah dikatakan berhasil dibangunnya 8 dari 9 tower transmisi 150 kilovolt (kV). (OL-6)

Baca Juga

dok.ist

Tekan Angka Stunting dam Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Program 'Kancing Merah'

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:04 WIB
GUBERNUR Jateng meluncurkan program Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah (Kancing Merah) dalam rangka menekan angka stunting untuk...
MI/Yohanes Manasye

Astra Dampingi 11 Sekolah Negeri di Manggarai Timur

👤Yohanes Manasye 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:00 WIB
Setelah 14 tahun hadir mewarnai pendidikan di tanah air, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR), menapakkan kaki di Manggarai...
Dok MI

Polisi Amankan Mantan Anggota DPRD Terkait Dugaan Pencabulan Balita

👤Yohanes Manasye 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 11:45 WIB
Kepolisian Resort (Polres) Manggarai Timur, NTT terus memroses laporan dugaan kasus kekerasan seksual bayi di bawah lima tahun (balita) di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya