Senin 23 Januari 2023, 21:37 WIB

Hujan Deras, Jalur Padang-Solok Tertutup Material Longsor

mediaindonesia.com | Nusantara
Hujan Deras, Jalur Padang-Solok Tertutup Material Longsor

DOK.MI
Ilustrasi

 

ARUS lalu lintas yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Sumatra Barat, terhenti sementara akibat material longsor menutupi badan jalan di kawasan Lubuk Paraku yang terjadi pada Senin (23/1) sore.
 
Kapolsek Lubuk Kilangan Komisaris Lija Nesmon mengatakan longsor ini terjadi sekitar pukul 17.45 WIB dan material longsor menutupi seluruh bagian jalan yang ada di kawasan tersebut.
 
Menurut dia, hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak Minggu (22/1) siang memicu terjadinya longsor di kawasan yang memang lokasi rawan terjadinya longsor.
 
"Kondisi saat ini arus lalu lintas terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan. Jangankan mobil, sepeda motor saja tidak dapat lewat," kata
dia.   
 
Ia mengatakan telah mengirimkan personel ke lokasi itu dan saat ini memang masih menunggu bantuan alat berat untuk melakukan evakuasi di kawasan tersebut.


Baca juga: 100 Meter Lebih Jalan Ambles akibat Diterjang Banjir Pidie

 
Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Basril mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Sumbar serta Dinas PUPR Sumbar untuk menurunkan alat berat dalam evakuasi lokasi tersebut.
 
"Saat ini banyak terjadi bencana di Kota Padang mulai dari pohon tumbang, air sungai meluap banjir dan lainnya," kata dia.
 
Saat ini, personel BPBD Padang tengah melakukan evakuasi kejadian di sejumlah titik dan sisanya siaga.
 
"Untuk kejadian longsor kita saling koordinasi dengan provinsi dalam melakukan evakuasi," ujarnya.
 
Jalur yang menghubungkan Kota Padang menuju Kabupaten Solok yang melewati jalur Sitinjau Lauik merupakan kawasan rawan longsor terutama apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi.
 
Sejumlah menteri pernah datang ke lokasi tersebut untuk melakukan rencana pembangunan jalur Sitinjau Lauik tersebut mulai dari Menteri BUMN hingga Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa. (Ant/OL-16)
 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rahmad

Belitung Targetkan Ekspor 100 Ton Ikan Kerapu ke Hong Kong

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:55 WIB
"Target kita masih tetap 100-120 ton tahun ini. Kerapu hidup tujuan negara ekspor juga masih sama yakni Hong...
Dok. Pribadi

Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:33 WIB
Paus Fransiskus mengangkat Uskup Yan sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar sekaligus menempatkan Uskup Yanuarius...
DOK MI

Kapolres Tegaskan Berita Penculikan Balita Dan Siswa Di Jember Hoaks

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:06 WIB
KAPOLRES Jember AKB Hery Purnomo menegaskan tidak ada kasus penculikan anak-anak balita dan siswa seperti yang ramai di sejumlah media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya