Senin 23 Januari 2023, 16:07 WIB

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Akan Beroperasi Agustus 2023

Dwi Apriani | Nusantara
Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Akan Beroperasi Agustus 2023

ANTARA
Ilustrasi

 

PROYEK pembangunan jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang-Betung, Sumsel sebentar lagi akan rampung dan bisa dioperasionalisasikan pada Agustus 2023. Saat ini progres pembangunan sudah masuk tahap penyelesaian seksi terakhir.

Tahapan penyelesaian konstruksi meliputi ruas Tol Kapal Betung, Seksi 2B dan 3, yaitu dari Kramasan hingga Betung sepanjang 69,19 Km. Konstruksi Jalan Tol Kapal Betung Seksi Kramasan-Betung Seksi 2B dan 3 tersebut, ditargetkan selesai Agustus 2023 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, jalan Tol Kapal-Betung Seksi 2B dan 3 ini dikerjakan dengan mutu konstruksi baik dengan tata kelola bagus. Upaya ini dilakukan agar secepat mungkin dimanfaatkan oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan ke Palembang menuju ke Betung maupun ke Jambi.

"Harapan saya bisa menjadi contoh bagi pembangunan konstruksi lainnya yang semakin berkualitas di Indonesia pada masa depan. Mudah-mudahan lancar selama penyelesaian konstruksi dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat khususnya bagi peningkatan ekonomi wilayah di Sumatera Selatan," ujarnya, kemarin.

Diketahui, Jalan Tol Kapal Betung saat ini sudah beroperasi yakni Seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang sepanjang 42,5 Km. Kemudian Seksi 2B Kramasan-Musilindas sepanjang 24,90 Km saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 62,96 persen. Lalu seksi 3 Musilindas-Betung sepanjang 44,29 Km progres konstruksi mencapai 39,02 persen. "Tol Kapal-Betung ini ditargetkan selesai konstruksi seluruhnya pada Agustus 2023 mendatang," ungkapnya.

Jika akses tol itu rampung, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yakni 1 jam hingga 1,5 jam perjalanan. Sedangkan melalui jalan umum biasa non tol, waktu tempuh bisa 3 sampai 4 jam lamanya. (OL-15)

 

 

Baca Juga

Antara Foto/ Jojon

Gubernur Sulteng Bertemu Menteri Bahlil Bahas Peluang Investasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:00 WIB
Membahas sejumlah investasi di Sulawesi Tenggara terus dimatangkan untuk mendorong investasi yang inklusif dan...
Antara/Syifa Yulinnas

Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat Kerja Sama Wujudkan Tol Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 06:00 WIB
Tol laut sebagai upaya meningkatkan perekonomian kedua...
dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya