Minggu 22 Januari 2023, 20:30 WIB

Isu Penculikan Anak Marak, Pemkot Palu Lakukan Antisipasi

M. Taufan SP Bustan | Nusantara
Isu Penculikan Anak Marak, Pemkot Palu Lakukan Antisipasi

Medcom
Ilustrasi

 

ISU merebaknya kasus penculikan anak-anak muncul di Kota Palu, Sulteng. Hal ini membuat Pemkot Palu melakukan berbagai langkah mengantisipasi kemungkinan terjadi kasus penculikan anak.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengatakan, semua pihak khusus orang tua dan pihak sekolah di Palu sudah diimbau untuk waspada. Selain itu, salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah menggiatkan patroli rutin di seluruh wilayah Palu dengan jarak yang telah diatur dari pagi hingga malam.

"Saya sudah instruksikan Pol-PP, Dishub, dan instansi lainnya untuk melakukan patroli. Patroli itu membantu memastikan lingkungan di Palu tetap terpantau setiap saat," terangnya, Minggu (22/1).

Menurut Hadianto, setiap kantor kecamatan di Palu akan ditempatkan Pol PP untuk membantu keberadaan Linmas dan mendampingi warga yang berinisiatif melakukan ronda di lingkungan rumah masing-masing kecamatan. "Kami mau memastikan bahwa Palu benar-benar terpantau sehingga tidak ada model kejahatan apa pun bisa terjadi," ungkapnya.

Hadianto menjelaskan, terkait isu penculikan anak itu, dirinya telah menginstruksikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Palu untuk mengeluarkan surat edaran meminta kepada semua sekolah memastikan bahwa yang menjemput anak-anak ketika pulang adalah orang tua atau bagian dari keluarga.

"Namun, masyarakat diimbau untuk tidak terlalu khawatir berlebihan. Semua informasi yang masuk tentunya menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat untuk tetap berhati-hati. Mau itu belum tentu kebenarannya harus tetap waspada. "Insya Allah penculikan anak tidak akan terjadi di Palu," imbuh Hadianto.

Kapolresta Palu Kombes Barliansyah juga mengimbau para orang tua meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya. "Orang tua harus tetap mengawasi pergaulan anak, apabila berada di luar rumah tidak menggunakan barang atau perhiasan mewah yang dapat memancing terjadinya tindak pidana,” katanya.

Barliansyah menegaskan Polres Palu selalu siap dalam melakukan langkah-langkah pencegahan. Karena itu, masyarakat untuk tidak takut atau merasa resah berlebihan terkait isu tersebut. “Intinya masyarakat harus tetap tenang dan selalu waspada,” tandasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Ganjar Banyak Jaring Tenaga Kerja via Aplikasi E-Makaryo

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:06 WIB
PEMPROV Jawa Tengah pun telah menyiapkan sejumlah program berbasis digital, salah satunya aplikasi web E-Makaryo, yang merupakan...
DOK MI

Rekening Diblokir Atas Permintaan KPK, Penjual Krupuk Asal Pamekasan Nelangsa

👤Mohammad Ghazi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:01 WIB
REKENING milik Ilham Wahyudi, seorang penjual krupuk asal Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur diblokir Komisi Pemberantasan...
dok.ist

Komunitas Kiai Muda Jatim Tebar Manfaat ke Ponpes di Lamongan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:58 WIB
RELAWAN Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) membagikan pengeras suara hingga karpet kepada Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Asy Syafi'iyyah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya