Rabu 18 Januari 2023, 18:58 WIB

Banjir Rob Ancam Tiga Kecamatan Di Surabaya

Faishol Taselan | Nusantara
Banjir Rob Ancam Tiga Kecamatan Di Surabaya

Medcom
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur memperkirakan bakal terjadi banjir rob saat fenomena Super New Moon atau fase bulan baru.

"Fenomena bulan baru itu juga bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi, kata prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya Sutarno di Surabaya.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari BMKG menyebut, rob berpotensi terjadi di Jatim selama delapan hari.Tepatnya pada Rabu (18/1)  hingga Rabu (25/1) mendatang.

Pihaknya memprediksi di Surabaya ada ada tiga kecamatan yang diperkirakan terdampak robm yakni kecamatan yang berada di wilayah persisir Surabaya. Tiga kecamatan yang terdampak banjir rob yaitu Kecamatan Bulak, Krembangan, dan Asemrowo.

Dampak dari Super New Moon tersebut diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum Meski begitu, untuk pesisir Surabaya Raya, diprakirakan hanya berlangsung selama enam hari saja.

Secara umum banjir rob berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan, permukiman pesisir, hingga tambak, tambak garam, dan perikanan darat.

"Kawasan pesisir Surabaya Utara dan Timur yang diprakirakan terdampak rob. Masyarakat wajib mewaspadainya," ungkapnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tangkap Pembuat Aplikasi Pembobol Rekening di Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:12 WIB
Pelaku diketahui berstatus mahasiswa, usia 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. IA membuat aplikasi tersebut lalu...
DOK.MI

Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Empat Meter di Perairan Talaud

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:02 WIB
Warga diharapkan berhati-hati bila melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tertentu karena bisa membahayakan keselamatan...
Dok. BSKDN Kemendagri

BSKDN Minta Sulawesi Selatan Jadi Barometer Kemajuan Inovasi di Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:39 WIB
Lebih lanjut Yusharto menjelaskan, berdasarkan variabel ukur IID Provinsi Sulsel telah mengalami peningkatan pada 2022 dihampir semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya