Sabtu 14 Januari 2023, 18:25 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Singaparna Tasikmalaya

Adi kristiadi | Nusantara
Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Singaparna Tasikmalaya

dok.Diskominfo Jabar
Alun-alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya telah selesai direvitalisasi dan diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamis, Minggu (14/1/2023)

 

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-Alun Singaparna, di Kabupaten Tasikmalaya yang telah selasai direvitalisasi. Pembangunan ulang alun-alun ini menghabiskan anggaran sebesar Rp11 miliar.
 
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, penataan Alun-alun Singaparna merupakan salah satu program dan janjinya sejak berkampanye bersama Uu Ruzhanul Ulum pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu. Kondisi alun-alun yang terletak di ibu kota Kabupaten Tasikmalaya semula sangat tidak menarik dan hanya untuk sekadar transit.

"Salah satu program dan janji yang dulu pernah disampaikan sekarang ini selesai, yaitu penataan Alun-alun Singaparna. Hasil ini semoga bisa bermanfaat terutama bagi masyarakat. Kami, berpesan kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk menjaga kebersihan dan ketertiban Alun-alun Singaparna yang menjadi kebanggan baru bagi warga," pesan Ridwan Kamil, Sabtu (14/1/2023).

Keberadaan Alun-alun Singaparna yang telah direhab ini, ungkap Gubernur, diharapkan membuat masyarakat lebih bahagia. Wajah baru alun-alun ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti jogging track, amphitheater, tempat bermain anak, dan sebagainya.

"Keberadaan Alun alun Singaparna sekarang tidak hanya transit bagi pengendara, namun bisa disinggahi warga sambil menikmati pemandangan Gunung Galunggung. Kami berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan, ketertiban di Alun-Alun Singaparna. Kedepan rencana akan melakukan penataan serupa dilakukan di Alun-alun Ciawi, Alun-alun Cikatomas hingga revitalisasi Pantai Karangtawulan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Indra Maha, menjelaskan, revitalisasi Alun-alun Singaparna dilaksanakannya dalam satu tahun anggaran dengan skema pembiayaan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jabar senilai Rp11 miliar. Pembangunan dimulai sejak 9 September 2022 hingga 31 Desember 2022.

"Kini Alun-alun Singaparna bisa menjadi tempat masyarakat melakukan beragam aktivitas. Dilengkapi sarana penunjang antara lain amphitheater, plaza, jogging track, area bermain naik, tribun dan fasilitas lainnya. Kami berharap, keberadaan Alun-Alun Singaparna ini dapat menumbuhkan, memulihkan dampak sosial ekonomi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, menyatakan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang sudah membantu mewujudkan mimpi memiliki alun-alun yang representatif. Setelah resmi dibuka Pemkab Tasikmalaya juga akan merelokasi para pedagang yang berjualan di sekitar Alun-Alun Singaparna dan menempati Pasar Padakembang yang lokasinya akan dibangun pasar lainnya.

"Sesuai amanat Pak Gubernur, Alun-alun harus tetap di jaga dan tolong bagi masyarakat jangan buang sampah sembarang dan jaga aset milik kita ini. Kami juga berencana memperluas kawasan terbuka hijau di sekitar Alun-Alun. Setelah Pasar Padakembang jadi maka kawasan di sekitar Alun-alun Singaparna eks pasar dan terminal akan jadi lahan terbuka hijau," ucapnya. (OL-13)

 

Baca Juga

Dok PWKI

Sowan ke Sultan HB X, PWKI: Hadiah Gunungan Buat Paus Fransiskus Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:31 WIB
Delegasi PWKI menyerahkan pigura berisi kliping berita dan foto-foto kunjungan delegasi PWKI dalam audiensi umum di Basilica St Petrus,...
Dok.Ist

Pemerintah Kota Serang Minta Wilmar Bantu Petani Tingkatkan Produksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:25 WIB
Peningkatan produksi akan membawa imbas positif terhadap petani sehingga taraf hidupnya...
MI/Palce/DOK.BMKG

Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter pada 1-2 Februari

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:11 WIB
Pola angin di sejumlah wilayah Indonesia menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi hingga enam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya