Sabtu 14 Januari 2023, 18:20 WIB

Pelatihan Tas Tangan dari Kain Perca di Makassar Optimalkan Potensi Daerah

mediaindonesia.com | Nusantara
Pelatihan Tas Tangan dari Kain Perca di Makassar Optimalkan Potensi Daerah

dok.ist
Workshop pembuatan tas tangan dari kain perca sebagai bentuk kerja nyata meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) Makassa

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi terhadap pergerakan ekonomi kreatif. Alasan itu yang membuat relawan UKM Sahabat Sandi, mengadakan workshop pembuatan tas tangan dari kain perca sebagai bentuk kerja nyata meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ketua UKM Sahabat Sandi, Ethy Wirdaningsih mengatakan UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Sehingga adanya program ini dapat membuka peluang usaha mandiri bagi masyarakat Makassar.

"UMKM sangat memiliki power dalam perekonomian Indonesia salah satunya usaha jahit menjahit, bisnis ini paling menghasilkan karena bisa kreasi sesuai kebutuhan dan minat, juga dapat dilakukan di rumah. Dengan dilakukannya workshop mereka bisa membuka peluang usaha mandiri dan menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran," kata Ethy di Sentral UMKM New Makassar Mall Lantai 2, Sulsel, kemarin.

Ethy menegaskan Sandiaga Menteri yang memperhatikan UMKM. Ia pun menyampaikan peserta yang tergabung pada UKM Sahabat Sandi telah membuktikan program nyata dari Sandiaga Uno.

"Pak Sandiaga Uno kami juluki pemerhati UMKM, satu-satunya Menteri yang peduli terhadap rakyat kecil. Bantuannya terpampang nyata, bahkan yang bergabung di UKM Sahabat Sandi sudah membuka usaha mandiri," ujarnya Ethy.

Ethy berharap Sandiaga tidak hanya memberikan workshop. Tetapi dapat membantu mewadahi serta memfasilitaskannya.

"Kami berharap masyarakat Makassar dapat mandiri dan mereka punya wadah untuk belajar dengan di fasilitasi perlengkapan mesin jahit," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, program ini berkolaborasi dengan komunitas Pelatihan Keterampilan Menjahit dan Wirausaha (PKW). Mereka berkerjasama untuk memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi. (OL-13)

Baca Juga

Ist/BPJS Ketenagakerjaan

Dukung Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Kabupaten Sijunjung Raih Penghargaan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumbar, mendaftarkan pekerja rentan dan non-ASN di wilayahnya ke dalam perlindungan jaminan sosial...
MI/HO

PMII Ciputat Gelar Aksi Bersih di Perayaan 1 Abad NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:14 WIB
Ali menambahkan, ide Aksi Jagat Bersih juga diambil dari slogan NU Satu Abad Merawat...
MI/Alexander P Taum

HPN 2023: Pers Dibutuhkan Menyebarluaskan Potensi Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:10 WIB
HARI Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2023, menjadi momentum menata hubungan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya