Jumat 13 Januari 2023, 14:59 WIB

Relawan Sandiuno Dorong Masyarakat Banyuwangi Berwirausaha

mediaindonesia.com | Nusantara
Relawan Sandiuno Dorong Masyarakat Banyuwangi Berwirausaha

dok.ist
Pelatihan pembuatan sabun pencuci piring sebagai bekal memulai berwirausaha

 

SUKARELAWAN Gerbong Pecinta Sandiuno terus menggencarkan pengembangan kapasitas dan kemampuan pelaku usaha mikro, melalui pelatihan pembuatan sabun pencuci piring. Hal ini dilakukan untuk membangun kreativitas masyarakat Banyuwangi, agar terdorong memulai berwirausaha dalam menciptakan lapangan kerja.

Ketua Gerbong Pecinta Sandiuno, Eva Nauli mengatakan pelatihan ini dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih produktif. Sehingga dengan memulai berwirausaha, mereka akan menambah penghasilan keluarga.

"Gerbong Pecinta Sandiuno Banyuwangi mengadakan pelatihan kewirausahaan, yakni sabun pencuci piring. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan sekaligus mengubah pola pikir peserta dari konsumtif menjadi produktif, serta menambah income ekonomi keluarga khususnya bagi ibu-ibu," kata Eva di Warung Pakdhe Panjang Jiwo Bwi, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kemarin. 

Eva bersama pihaknya berharap peserta dapat mengembangkan ilmunya agar menciptakan brand lokal sabun pencuci piring. Menurutnya itu dapat menunjang perekonomian masyarakat Banyuwangi yang sejahtera.

"Kami berharap peserta pelatihan bisa berdikari sendiri di daerahnya masing-masing untuk menciptakan peluang usaha dan mengembangkan ilmunya lebih baik lagi," ucap Eva.

Pada kesempatan sama, akan dipilih peserta terbaik untuk dibimbing serta dibantu memasarkan produknya hingga ke daerah di Indonesia.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Junita, 53, menyampaikan antusias mengikuti pelatihan yang dapat mengembangkan potensi diri. Dikarenakan mereka dapat memperoleh keuntungan untuk memulai berwirausaha.

"Pak Sandi terima kasih dengan adanya pelatihan ini kami dapat berwirausaha, menambah penghasilan khususnya emak-emak. Karena kita tidak bisa membuat olahan sabun cuci piring sendiri, hasilnya bisa dikembangkan menjadi usaha buat teman-teman komunitas di desa. Semoga ada kelanjutannya untuk pelatihan berikutnya," ujar Junita.

Junita mengakui akan menciptakan brand lokal sabun cuci piring. Ia pun menuturkan akan mempromosikan terlebih dahulu ke tetangga sekitarnya.

"Setalah pelatihan ini saya akan membuat produk dan mencoba untuk mempromosikan kepada tetangga, karena kan kalau dari mulut ke mulut cepat terkenalnya," pungkasnya. (OL-13) 

Baca Juga

dok.ant

Polda NTT : Tak Ada Laporan Penculikan Anak di Kota Kupang

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:39 WIB
KABID Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Ariasandy memastikan tidak ada penculikan anak di wilayah Kota...
dok.ant

Sakit Hati Alasan Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Merampok

👤Faishol Taselan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:32 WIB
MOTIVASI mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur Samanhudi Anwar yang terlibat dalam perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar akhirnya...
MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya