Jumat 13 Januari 2023, 05:50 WIB

Awali 2023, UPT Kementan Satukan Persepsi Dukung Kementan

mediaindonesia.com | Nusantara
Awali 2023, UPT Kementan Satukan Persepsi Dukung Kementan

dok.ist
Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso [kanan] didampingi Kasubag TU, Johan Pujianto memimpin Rapat Struktur Organisasi 2023.

 

KEMENTERIAN Pertanian RI sebagai induk dari SMK-PP Negeri Banjarbaru terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian, guna mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. "Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian."

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan hal serupa, tentang pentingnya peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM pertanian.

"Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM, karena SDM yang berkualitas akan mampu menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian," kata Dedi Nursyamsi, dalam keteranganya, Jumat (13/1/2023).

Sebagai upaya pengelolaan manajemen SDM khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menerbitkan Peraturan Menpan RB [Permenpan RB] Nomor 8 tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil yang merupakan perwujudan teknis Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang semula berbasis poin kegiatan, pada peraturan terbaru ini berbasis pada outcome.

Mengawali 2023, manajemen sekolah SMKPPPN Banjarbaru menggelar Rapat Struktur Organisasi Tahun 2023 yang diikuti oleh ASN dan honorer yang bertempat di aula kampus SMK-PP N Banjarbaru, belum lama ini.

Rapat Struktur Organisasi 2023 diawali pembukaan dan arahan dari Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso dan dilanjutkan tugas masing-masing pegawai oleh Kasubag Tata Usaha SMK-PP N Banjarbaru, Johan Pujianto.

Mengawali acara tersebut, Budi Santoso mengatakan bahwa kita sudah memasuki 2023, maka kita harus lebih baik dari 2022. Pasalnya, tahun lalu sangat luar biasa, baik kegiatan ataupun instruksi dari Kementan.

"Alhamdulillah tim manajemen puas dengan kinerja bapak dan ibu semua. Sebab pada 2022, kita mendapat beberapa prestasi, ini tidak lepas dari peran bapak dan ibu semua, baik bawah sampai atas dengan tugas dan fungsi masing-masing. Capaian kinerja 2022 termasuk terbaik di Badan PPSDMP Kementan, walau ini belum keluar, sama seperti 2021,” katanya.

Menurut Budi Santoso, pencapaian yang lain seperti Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), Pendapatan Negara Bukan Pajak [PNBP] dari Teaching Factory (TeFa), akreditasi dan sertifikasi seperti ISO 9001:2015 dan ISO 37001:2016.

"Ini sangat luar biasa. Selain itu, kita pada 2023 menargetkan ISO tentang Pengelolaan Laboratorium dan ISO Institusi Pendidikan, mudah-mudahkan kita bisa," katanya.

Budi Santoso menambahkan, pada 2023 akan semakin banyak kegiatan untuk mendukung program Kementan  seperti Inkubator Bisnis, Badan Usaha Pertanian Kampus dan Pendampingan Taksi Alsintan.

"Kegiatan tersebut menambah daftar kegiatan dukungan program Kementan pada 2022 seperti Pendampingan Tani Akur, Petani Milenial, Bimbingan Teknis Komisi IV DPR-RI, Desa Mitra, Lumbung Pangan atau Food Estate, Program YESS, dan tentunya pembelajaran di sekolah," katanya lagi.

Selain itu, sebagai ASN dan PNS Kementan, Budi Santoso mengajak untuk menerapkan Core Value ASN yaitu Berakhlak yakni Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Rapat Struktur Organisasi 2023 dilanjutkan penjelasan tentang susunan struktur organinasi 2023, penempatan posisi baru, dan perubahan struktur organisasi yang dilakukan oleh Kabag TU Johan Pujianto. (OL-13)

 

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya