Kamis 12 Januari 2023, 14:09 WIB

Desa Wailebe Gagal Cairkan Dana Desa Tahap III 2022

Fransiskus Gerardus Molo | Nusantara
Desa Wailebe Gagal Cairkan Dana Desa Tahap III 2022

Koresponden MGN/ Fransiskus Gerardus Molo
Kadis PMD Flores Timur Paulus Petala Kaha

 

DANA desa tahap III tahun anggaran 2022 sebesar Rp15 milar dan 960 juta berhasil disalurkan kepada 228 desa dari 229 desa yang ada di Kabupten Flores Timur (Flotim), akhir Desember lalu. 

Satu desa, Desa Wailebe di Kecamatan Wotanulumado gagal mendapatkan dana desa tahap III di karena serapan angaran dana desa mereka belum mencapai 90%.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Flotim Paulus Petala Kaha saat ditemui di ruangannya, Kamis (12/1).

Ia mengatakan total dana desa yang diberikan harusnya adalah Rp16 miliar namun harus dipotong Rp70 juta karena ada satu desa yang gagal mencairkan dana desa tahap III tersebut.

"Dana desa tahap III tahun anggaran 2022 sebanyak Rp16 miliar seharusnya disalurkan semunya kepada 229 desa namun harus dikurangi satu desa yang gagal karena hingga tanggal jatuh tempo atau batas waktu penyaluran serapan anggarannya belum mancapai 90%," ungkapnya.

Paulus menjelaskan mekanisme penyaluran dana desa mengharuskan setiap desa yang hendak mencairkan dana desa sudah mencapai kriteria serapan penggunaan dana desa tahap satu dan dua sebanyak 90%.

"Syaratnya mutlak penyerapan dana desa tahap ketiga yaitu serapannya dana desa tahap pertama dan tahap kedua harus sudah mencapai 90%," tegas Paulus.

Kepada Dinas PMD Flotim itu menjelaskan rata-rata anggaran dana desa yang tersalurkan pada tahap ketiga adalah sebanyak 20% atau Rp70 juta.

Menangapi pertanyaanapakah dana desa yang gagal tersalurkan di salah satu desa tersebut berdampak pada penyaluran dana desa di tahun anggaran 2023, Paulus menegaska hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi penyaluran dana desa di tahun anggaran 2023 nanti 

"Tidak sama sekali, karena di tahun 2023 ini kita mulai dengan mekanismenya dari awal kembali," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini, proses penyaluran dana desa untuk tahap 1 di tahun anggara 2023 sedang berproses dan terdapat tiga desa di Kabupaten Flotim yang sudah siap.

"Kita saat ini juga sedang berproses untuk menyalurkan dana desa tahap I tahun anggaran 2023, dan kita berharap agar dana tersebut semua tersalurkan ke 229 desa dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Flotim," tandas Paulus. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pemprov Jateng

Peringati 1 Abad NU, PBNU Silaturahmi ke Ponpes Roudlotus Sholichin

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:22 WIB
Rombongan PBNU yang diwakili Wakil Sekretaris Jendral Isfandiari Mahbub Djunaidi di Ponpes Roudlotus Sholichiin kali ini merupakan...
MI/Supardji Rasban

DPW Nasdem Jateng Ingatkan Antar Caleg NasDem Jangan Bersaing

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:15 WIB
CALON Legislatif (caleg) Partai NasDem diminta untuk tidak saling bersaing dengan antarcaleg Partai NasDem sendiri dalam kontestasi...
ANTARA

Ada Naga 38 Meter di Cap Go Meh Putussibau

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:51 WIB
Sebelum berkeliling di pusat Kota Putussibau, naga sepanjang 38 meter itu terlebih dahulu melakukan ritual di depan Klenteng atau Pekong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya