Kamis 12 Januari 2023, 05:41 WIB

Para Sopir Truk di Banten Diingatkan Soal Keselamatan Berkendara

mediaindonesia.com | Nusantara
Para Sopir Truk di Banten Diingatkan Soal Keselamatan Berkendara

dok.ant
Sosialisasi keselamatan berkendara bagi sopir truk dengan memperhatikan komponen/sparepart mesin yang memiliki masa pakai cepat.

 

KOMUNITAS Sopir Truk Banten pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan sopir truk di wilayah Banten. Sosialisasi digelar di Jalan Legoso Raya No.8 Pisangan, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Ketua Komunitas Sopir Truk Banten Erman menjelaskan, sosialisasi tersebut diberikan dalam rangka mencegah kecelakaan truk di jalan.

Menurut Erman, penting bagi supir truk untuk memahami dan menaati peraturan lalu lintas serta memastikan kondisi kendaraan prima.

"Tujuan acaranya itu supaya sopir truk ini bisa mendapatkan pendidikan terkait keselamatan untuk mencegah kecelakaan agar mereka tetap aman berkendara di jalan," kata Erman, Rabu (11/1/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, para sopir truk dipaparkan materi soal aturan-aturan yang ada di jalan untuk menghindari kecelakaan. Mereka juga diedukasi tentang cara-cara menjaga kondisi kendaraan, seperti pengenggunaan safety belt, pengecekan ban, oli, hingga radiator.

"Sosialisasi sendiri kami tentang bagaimana para supir truk ini menjaga keselamatan berkendara di jalan. Jadi pengecekan ban, pengecekan oli, air radiator, dan yang lain-lain. Kita juga ada edukasi seputar aturan lalu lintas," katanya.

Erman mengatakan, pihaknya akan kembali menggelar sosialisasi keselamatan berkendara untuk para supir truk. Ke depannya, kata Erman, sosialisasi akan digelar merata di seluruh wilayah Banten.

"Untuk ke depannya mungkin nanti akan ada sosialisasi dan mungkin ada bantuan-bantuan lagi kepada para supir truk, lebih merata di seluruh Banten," katanya.

Selain mensosialisasikan pentingnya keselamatan berkendara, Komunitas Supir Truk Banten membagikan ratusan sembako kepada supir truk, istri supir truk, montir, dan masyarakat yang membutuhkan di wilayah Banten. Sembako juga dibagikan secara door to door.

"Kami membantu teman-teman sopir truk agar setidaknya memenuhi kebutuhan harian mereka. Harapannya tadi kita bisa terus bersilaturahmi dengan teman-teman supir truk. Mudah-mudahan kesejahteraan teman-teman supir truk juga meningkat," katanya.

Salah satu supir truk bernama Handri berterima kasih kepada Komunitas Supir Truk Banten. Menurut pria asal Pamulang itu, sosialisasi dan sembako yang diberikan sangat membantu para supir.

"Alhamdulillah terima kasih. Sosialisasinya sangat bermanfaat bagi kami supir-supir, untuk keselamatan kami semua. Kami jadi lebih tahu, terus juga diberi tahu bagaimana mengecek kondisi kendaraan, terus kondisi kesehatan juga," katanya.

Handri pun mendoakan seluruh supir truk di Indonesia, khususnya Banten agar selalu sehat dan punya kondisi tubuh yang bugar. Handri berdoa supaya rezeki supir truk semakin lancar.

"Kepada supir truk, tetap jaga kesehatan dan keselamatan untuk mencari rezeki. Tetap semangat dan semoga semuanya rezekinya lebih lancar," kata dia. (OL-13)

Baca Juga

dok.ist

Relawan Sandiaga Uno Ciamis Buka Gerai UMKM Hasil Olahan Ikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:16 WIB
RELAWAN Sahabat SandiUno terus berupaya memberikan kontribusi, untuk melakukan inovasi berbagai jenis produk olahan ikan sesuai dengan...
dok.Pemprov Jateng

Ganjar Banyak Jaring Tenaga Kerja via Aplikasi E-Makaryo

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:06 WIB
PEMPROV Jawa Tengah pun telah menyiapkan sejumlah program berbasis digital, salah satunya aplikasi web E-Makaryo, yang merupakan...
DOK MI

Rekening Diblokir Atas Permintaan KPK, Penjual Krupuk Asal Pamekasan Nelangsa

👤Mohammad Ghazi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:01 WIB
REKENING milik Ilham Wahyudi, seorang penjual krupuk asal Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur diblokir Komisi Pemberantasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya