Rabu 11 Januari 2023, 23:24 WIB

Erupsi Gunung Marapi Mencapai 127 Kali

Widhoroso | Nusantara
Erupsi Gunung Marapi Mencapai 127 Kali

ANTARA
Gunung Marapi, Sumbar.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat Gunung Marapi telah erupsi sebanyak 127 kali, sejak Sabtu (7/1).

"Tercatat hingga hari ini pukul 12.00 WIB, Gunung Marapi erupsi sebanyak 127 kali," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito dalam Teropong Bencana diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (11/1).

Namun, Bambang mengatakan masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi masih beraktivitas dengan normal. Sebab saat erupsi, Gunung Marapi belum membawa material, hanya abu yang terbawa ke Kabupaten Tanah Datar.

Dia mengatakan BPBD Kabupaten Agam bekerja sama dengan Kantor Pos Pemantauan Gunung Api setempat untuk memantau status Gunung Marapi. Kesiapsiagaan wilayah tersebut juga didukung oleh komunitas-komunitas maupun kelompok siaga bencana. Di sana, kelompok wartawan siaga bencana dibentuk untuk menyebarkan informasi terbaru di tengah masyarakat yang ada di pinggang Gunung Marapi. Bambang mengatakan Gunung Api Marapi dikelilingi lima kecamatan, dan lebih kurang ada 103.352 jiwa, yang terdiri dari 50.257 KK.

Dari hasil pemantauan pemerintah daerah setempat memutuskan untuk menerbitkan Surat Edaran Bupati yang mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tidak mendekati kawasan dengan radius 3 km, bahkan harus dikosongkan. "Juga meminta kepada semua masyarakat khususnya untuk tidak melakukan aktivitas naik gunung," kata dia.

Kemudian, juga meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang, jangan panik, namun tetap waspada menyikapi kondisi yang terjadi saat ini. (Ant/OL-15)
 

Baca Juga

Dok MI

Irma Chaniago: DPR Pertanyakan Pemerintah Soal Tambang Harita Nikel di Pulau Obi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:35 WIB
Irma mengatakan pemerintah melalui dana CSR perusahaan tersebut wajib menyediakan air bersih dan membangun perumahan bagi...
MI/Retno Hemawati

Ratusan Tatung Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Singkawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:20 WIB
Ratusan tatung atau dukun Tionghoa yang kerasukan roh leluhur, Sabtu (4/2) pagi, melakukan ritual cuci jalan di dalam Kota Singkawang...
dok.ist

Tekan Angka Stunting dam Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Program 'Kancing Merah'

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:04 WIB
GUBERNUR Jateng meluncurkan program Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah (Kancing Merah) dalam rangka menekan angka stunting untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya