Rabu 11 Januari 2023, 18:38 WIB

Tabung Elpiji Bocor, Tiga Keluarga di Lembang Alami Luka Bakar

Depi Gunawan | Nusantara
Tabung Elpiji Bocor, Tiga Keluarga di Lembang Alami Luka Bakar

MI/Depi Gunawan.
Saksi menunjukkan atap plafon yang dijebol karena kebocoran gas elpiji 3 kilogram di Kampung Cibedug Desa Cikole Kecamatan Lembang.

 

TIGA keluarga yang masih tinggal serumah mengalami nasib malang. Ini lantaran mereka harus menderita sejumlah luka bakar di sejumlah bagian tubuhnya.

Luka bakar yang dialami warga Kampung Cibedug RT 04 RW 11 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, itu dipicu tabung gas bocor. Dua orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka serius.

Peristiwa pada Rabu (11/1) pagi tersebut menggemparkan warga sekitar karena menimbulkan ledakan keras. Warga yang mengetahui kejadian langsung berusaha memadamkan api yang menyambar dapur dan menolong para korban.

Kejadian bermula ketika Ipah, 56, sedang memasak di tungku yang posisinya bersebelahan dengan dapur. Korban tidak menyadari elpiji 3 kilogram bocor karena tidak tercium bau gas.

"Sebelumnya ada gas elpiji bocor mengendap dalam ruangan. Nah di sebelah ada tungku lagi menyala. Soalnya Ibu Ipah sedang memasak. Kemudian langsung menyambar ke dapur," kata Aman, Ketua RW setempat.

Jumlah korban berjumlah enam orang yang masih satu keluarga, dua orang, Ipah, dan menantunya, Dani, mengalami luka bakar parah sedangkan sisanya hanya luka ringan di kaki dan wajah. "Ibu Ipah luka bakar sekitar 90% hampir di sekujur tubuhnya. Dia sudah dirawat di RSHS Bandung, sedangkan Dani di RSUD Lembang," ungkapnya.

Sebelum api menjalar, warga menjebol plafon dapur agar gas bocor segera keluar. Beruntung ruang tamu dan kamar hanya mengalami kerusakan ringan.

Seorang korban, Sriwanti, 30, mengaku saat ledakan ia sedang berada di dalam kamar. Karena mendengar suara teriakan, ia lalu keluar kamar dan melihat api membumbung di sekitar dapur. "Saya panik karena apinya gede sekali, gas elpiji sempat nyambar wajah dan kaki saya tapi enggak terlalu parah. Setelah dirasa aman, saya bawa anak-anak dari dalam kamar," ucap Sriwanti. (OL-14)

Baca Juga

Dok. BSKDN Kemendagri

Evaluasi Pengukuran IPKD, BSKDN Minta Pemprov dan Pemkab dj Gorontalo Lengkapi Data

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:37 WIB
Evaluasi tersebut dilakukan melalui rapat bersama Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi...
MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya