Senin 09 Januari 2023, 20:03 WIB

Pemkot Palangka Raya Petakan Kawasan Beresiko Tanah Longsor

Surya Sriyanti | Nusantara
Pemkot Palangka Raya Petakan Kawasan Beresiko Tanah Longsor

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan pemetaan zona resiko kawasan yang rawan longsor. Hasil pemetaan yang dilakukan akan menjadi bahan pertimbangan langkah apa yang dilakukan ke depannya.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Senin (9/1). "Akan segera melakukan penanganan terhadap pemukiman warga terdampak. Terutama memantau dan melihat secara langsung kawasan yang rawan longsor, sehingga menjadi bahan pertimbangan langkah apa yang dilakukan ke depannya," ujarnya.

Sebelumnya, Fairid meninjau dan memberikan bantuan berupa sembako ke korban bencana tanah longsor akibat ablasi Sungai Kahayan di pemukiman Flamboyan Bawah, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Selain itu, jelas Fairid, Pemkot Palangka Raya juga telah menyiapkan langkah-langkah khusus terkait bencana tanah longsor. Salah satu langkah yang akan diambil adalah memindahkan rumah warga dari daerah rawan longsor.

"Kata kuncinya adalah pemindahan, saat ini memang tahap ke situ. Jadi solusi itu kita ambil karena di tempat ini selain longsor juga banjir. Ini tentunya harus melalui kesepakatan bersama," jelas Fairid.

Ditambahkan Wali Kota, rencana pemindahan pemukiman tersebut sudah melalui kesepakatan bersama. Sebagian besar masyarakat juga ada yang setuju dengan adanya relokasi pemindahan ke daerah yang aman tidak rawan bencana. "Rencana relokasi pemindahan ini sudah direncanakan secara matang, tidak  mau terburu-buru, supaya masyarakat yang dipindahkan dari sini ada jaminan kehidupan ke depannya," tuturnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA

Warga Bandung Keberatan Harus Tunjukkan KTP Dalam Pembelian Minyakita

👤Naviandri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:01 WIB
HINGGA kini minyak goreng kemasan bersubsidi, Minyakita sulit didapat. Bahkan jikapun ada harganya di atas harga eceran tertinggi...
DOK MI

Anggaran Kebencanaan Di Kota Sukabumi Masih Minim

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:49 WIB
ALOKASI anggaran kebencanaan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, relatif masih cukup...
ANTARA

Cuaca Ekstrem Ancam Sejumlah Daerah di Jateng Selatan Dalam Tiga Hari Mendatang

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:42 WIB
CUACA ekstrem masih mengancam sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan hingga tiga hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya