Rabu 04 Januari 2023, 09:20 WIB

Rob Ancam Pesisir Nusa Tenggara Timur hingga 5 Januari

Palce Amalo | Nusantara
Rob Ancam Pesisir Nusa Tenggara Timur hingga 5 Januari

MI/Palce Amalo
Ilustrasi

 

STASIUN Meteorologi Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (4/1), mengeluarkan peringatan dini ancaman rob yang melanda pesisir daerah itu 4-5 Januari 2022.

Wilayah yang diprediksi dilanda rob atau banjir pesisir adalah Pulau Flores hingga Alor, Sumba, Sabu, Raijua, serta Timor dan Rote.

Rob terjadi akibat adanya fenomena fase bulan baru yang terjadi pada 23 Desember 2022 dan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee) pada 24 Desember 2022. Kondisi ini berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian air laut maksimum yang lebih signifikan dari biasanya.

Rob berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut.

Sementara itu, BMKG Stasiun El Tari Kupang melaporkan kecepatan angin di wilayah NTT yang dipicu eks siklon tropis Ellie di daratan Australia berkisar antara 30-60 kilometer per jam.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan, tekanan udara di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 1008-1010 hPa, tekanan udara di wilayah Asia berkisar antara 1012-1034 hPa, dan di wilayah Australia berkisar antara 1000-1018 hPa.

"Adanya daerah tekanan rendah eks-siklon tropis Ellie di daratan Australia  menyebabkan peningkatan kecepatan angin di wilayah NTT. Arah angin barat - barat laut dengan kecepatan angin antara 30-60 kilometer per jam," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di sebagian Wilayah Indonesia

 

Baca Juga

Dok. BSKDN Kemendagri

Evaluasi Pengukuran IPKD, BSKDN Minta Pemprov dan Pemkab dj Gorontalo Lengkapi Data

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:37 WIB
Evaluasi tersebut dilakukan melalui rapat bersama Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi...
MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya