Senin 02 Januari 2023, 16:58 WIB

Cuaca Buruk, Seluruh Armada Pelayaran Lego Jangkar di Perairan Semau

Palce Amalo | Nusantara
Cuaca Buruk, Seluruh Armada Pelayaran Lego Jangkar di Perairan Semau

MI/Palce
Nelayan menyelamatkan perahu mereka di kolam labuh Tempat Pelelangan Ikan Oeba Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (1/1).

 

PELABUHAN Pelni Tenau dan Pelabuhan PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (2/1), terlihat sepi.

Armada pelayaran yang biasa sandar di dua pelabuhan tersebut pindah ke perairan Pulau Semau yang berjarak sekitar 5 mil di bagian barat pelabuhan.

Lokasi perairan itu memang aman terhadap gelombang tinggi karena terlindung Pulau Semau. Sejak satu pekan terakhir, aktivitas pelayaran kapal fery milik PT ASDP, armada perintis, tongkang, kapal barang, hingga perahu nelayan lumpuh akibat cuaca buruk.

Tinggi gelombang di perairan berkisar antara 4-6 meter dan kecepatan angin mencapai 45 knot per jam berbahaya bagi keselamatan kapal. Sesuai laporan BMKG, cuaca buruk diprediksi masih akan berlangsung sampai Selasa (3/1) besok.


Baca juga: Bali Dilanda Angin Kencang, Warga Diimbau tidak Keluar Rumah


"Kapal lego jangkar di Perairan Semau karena itu tempat berlindung yang aman dari gelombang tinggi," kata Yunus, pekerja yang ditemui di
Pelabuhan Tenau Kupang.

Menurutnya, jika kapal tidak segera meninggalkan dermaga, badan kapal bisa terhempas gelombang dan menabrak tembok dermaga. Cuaca buruk mengakibatkan aktivitas pelayaran di NTT lumpuh sejak akhir Desember 2022.

Sementara itu, di Pantai Kelurahan Namosain, puluhan perahu nelayan yang tidak sempat dipindahkan ke perairan Pulau Semau, ditarik ke darat untuk mencegah kerusakan akibat gelombang tinggi.

Di sepanjang pantai juga ditemukan sampah plastik yang berserakan, terbawa gelombang. Beberapa nelayan setempat membersihkan sampah plastik yang menempel di tali perahu dan di dalam perahu.

"Belum ada nelayan yang bersedia melaut, gelombang masih tinggi," kata Ahmad, nelayan setempat. (OL-16)

 

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Wabup Bantul: Mangrove untuk Upaya Selamatkan Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:26 WIB
Penanaman bibit pohon mangrove di kawasan konservasi mangrove pesisir Baros, Desa Tirtohargo, untuk mendukung upaya penyelamatan...
Ist

Jaga 581 Anak Stunting, Kapolres Grobogan Inisiasi Gerakan Orang Tua Asuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:14 WIB
Gerakan Orang Tua Asuh dilakukan oleh Polres Grobogan, Jawa Tengah dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung...
MI/Dwi Apriani

Pusri Palembang Pastikan Kecukupan Stok Pupuk Subsidi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:30 WIB
PT Pusri memastikan pupuk subsidi baik urea maupun NPK tersedia melebihi dari alokasi atau kuota yang ditentukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya